Resep Madumongso

Resep Madumongso - Berbicara tentang aneka jajanan kuliner Indonesia nggak akan ada habisnya ya bun. Mulai dari jajan yang kering sampai yang basah semuanya ada. Bagi bund ayang berasal dari provinsi jawa tengah pasti nggak asing lagi dengan resep yang kali ini saya akan buat. Resep yang saya maksud adalah madumongso. Biasanya jajanan madumongso ini selalu ada di setiap hari besar idul fitri ataupun di acar pernikahan di jawa. Tapi mungkin bagi bunda yang berasal dari luar jawa mungkin aneh kali ya mendengar mendengar jajanan madumongso.

Resep Madumongso

Madumongso merupakan salah satu jajanan yang berasal dari jawa tengah, seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Bagi bunda yang belum tahu apa itu madumongso? sedikit saya akan mendefinisikan tentang madumongso. Madumongso memiliki rasa yang asam legit. Rasa asam dalam madumongso berasala dari tapi ketan. yaitu ketan yang sudah di fermentasikan sehingga memiliki rasa yang asam. Bahan utama untuk membuat madumongso adalah tape ketan itu sendiri yang selanjutnya dicampur dengen aneka bahan pelengkap lainnya, seperti halnya santan dan gula. Bentuk dari madumongso juga sangat unik yaitu dibungks dengan kertas minyak aneka warna. Untuk lebih jelasnya gimana cara pembuatan madumongso, silahakan baca terus penjelasan saya di bawah ini.

Resep Madumongso

Bahan:
  • 200 gram tape ketan hitam, tiriskan
  • 150 ml santan kental
  • 50 gram gula pasir
  • 50 gram nangka matang, potong kecil
  • Kertas minyak secukupnya (pembungkus)

Cara Membuat Madumongso

  1. Masak gula dan santan lalu aduk hingga kental dan sampai keluar minyak.
  2. Tambahkan tape ketan hitam, aduk sampai mengental.
  3. Kemudian tambahkan nangka. Dinginkan.
  4. Ambil sedikit madumongso yang sudah jadi dan bentuk lonjong bulat.
  5. Kemudian taruh dalam minyak kertas warna-warni yang sudah di sesuaikan ukurannya
Di bawah ini adalah aneka resep jajanan tradisional yang patut untuk bunda coba:

Nah itu dia bun resep lengkap bahan dan cara pembuatan madumongso. Gimana bun cukup sederhana kan resep madumongso khas jawa ini?. Buat bunda yang nggak berasal dari jawa juga bisa kok membuatnya, mungkin penasaran dengan rasa dari madumongso ini. Untuk penggunaan bahan tape ketan hitam, bunda dapat membuatnya sendiri terlebih dahulu, atau mungkin kalau tidka mau repot bunda bisa membelinya di pasar tradisional yang masih dapat dengan mudah menemui tape ketan hitam untuk pembuatan madumongso. Bagi bunda yang pengen segera mempraktikkan resep madumongso ini silahkan bun bergegas ke dapur dan selamat mencoba.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Madumongso

0 komentar:

Posting Komentar