Resep Ketupat Ketan Janur Enak

Resep Ketupat Ketan Janur Enak - Sekali lagi saya tidak bosan untuk mengatakan bahwa Indonesia itu kayan banget akan berbagai jenis macam kulier khas, tak hanya makanan besar saja, aneka jajanan tradisional khas dari berbagai daerah yang tersebar di Indonesia juga sangat beraneka ragam. Mulai dari jajanan ala pinggir jalan yang berasa asam pedas manis seperti halnya ketupat ketan janur asal jawa, Tahu Gejrot Khas Sunda atau hidangan besar yang membuat perut bunda terisi kembali dengan Ayam Tangkap Khas Aceh, tak hanya sebatas makanan dan jajanan saja bun Indonesia juga punya aneka minuman yang menyehatkan tubuh seperti Wedang Jahe.

Resep Ketupat Ketan Janur Enak

Setelah bunda tahu tentang bermacam jenis dari makanan khas di Indonesia. Kini saya akan langsung ke pembahasan yakni resep ketupat ketan janur asal jawa. Bentuk dari ketupat ketan janur asli jawa ini sangat unik lho bun, yakni tempatnya yang menggunakan janur. Janur adalah daun kelapa yang masih muda dan digunakan untuk membungkus ketupat ketan janur. Bentuk akhir dari ketupat ketan janur ini kerucut bun, lucu banget deh bun pokoknya. Untuk membuat janur pembungkus (selongsong) ketupat ketan janur bunda harus menyiapkan janur kemudian bersihkan janur sampai bersih, lalu anyam dengan melipat janur satu per satu.

Resep Ketupat Ketan Janur Enak

Bahan:
  • 6 buah selongsong (bungkus ketupat ketan janur)
  • 500 gram beras ketan
  • 1 liter santan
  • 1 sendok makan garam

Cara Membuat Ketupat Ketan Janur Enak

  1. Cuci bersih beras ketan.
  2. Campur dengan santan, dan garam hingga mendidih, lalu masukkan ke dalam selongsong.
  3. Masukkan ketupat hingga terendam air, rendam selama 5 jam.
  4. Angkat dan tiriskan hingga mendingin.
Itulah bun cara pembuatan lengkap tentang ketupat ketan janur ala resepkafe. Cukup mudah bukan bun, bahan yang dibutuhkan untuk membuat ketupat ketan janur ini sangat sederhana dan juga mudah untuk didapatkan. Hanya saja bunda harus sabar untuk menikmati ketupat ketan janur ini karena proses perebusannya yang terbilang cukup lama. Oh iya bu  sedikit catatan buat bunda yang ingin mempraktekkan langsung cara pembuatan ketupat ketan janur. Selama perebusan, perhatikan tingkat air yang untuk memasak ketupat ketan janur ini, tambahkan jika air di rasa kurang dan teruskan hingg 5 jam. Selamat mencoba bun...

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Ketupat Ketan Janur Enak

0 komentar:

Posting Komentar