Resep Ayam Tangkap Khas Aceh

Resep Ayam Tangkap Khas Aceh - Ayam tangkap... mungkin bagi sebagian besar masyarakat khususnya pada masyarakat luar Aceh pasti agak terdengar aneh. Tapi jangan khawatir ya bunda kalau dikatain cupu atau kurang informasi hanya gara-gara nggak tahu ayam tangkap, pasalnya wajar saja kalau merasakan hal yang demikian karena ayam tangkap sendiri merupakan makanan yang sangat khas dari Aceh. Penggunaan kata tangkap bukan berarti tidak mempunyai arti lho bunda. Karena ternyata penggunaan kata tangkap memang sesuai dengan namanya yakni tangkap, karena ayam yang digunakan sebagai bahan utamanya adalah ayam asli dan diternak sendiri, jadi sebelum menyembelihnya harus kabur-kaburan untuk menangkap ayam tersebut. Nah cukup lucu ya bunda nama kuliner yang satu ini.

Resep Ayam Tangkap Khas Aceh

Ayam tangkap khas dari Aceh ini merupakan salah satu makanan yang sudah sejak dulu ada, makanan ini merupakan turunan dari nenek moyang mereka. Namun meskipun sudah ada sejak dahulu kala, ayam ini masih bisa dijumpai sampai saat ini. Mungkin karena masyarakat Aceh yang selalu melestarikan kuliner khas dari nenek moyang. Wahh... salut ya bunda buat masyarakat Aceh yang telah melestarikan kuliner. Untuk membuat kuliner ini cukup mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus dalam membuatnya kok bunda. Jadi tenang saja buat bunda yang penasaran dan pengen mnecoba resep ayam tangkap khas Aceh ini, dijamin bisa deh. Oke langsung saja saya akan membagikan resepnya.

Resep Ayam Tangkap

Bahan:
  • 1 ekor ayam kampung bagian dada sampai paha
  • 1/2 liter minyak goreng
  • 4 tangkai daun salam koja (temurui)
  • 2 lembar daun pandan, iris kasar
  • 1/2 cangkir air matang
  • 1 buah cabai hijau
Bumbu:
  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah bawang merah
  • 3  buah cabe rawit
  • 1/2 ruas ibu jari
  • 2 cm ruas ibu jari
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air asam jawa, secukupnya

Cara Membuat Resep Ayam Tangkap

  1. Potong ayam menjadi ukuran sedang, kemudian bersihkan
  2. Haluskan semua bumbu, lalu campurkan dengan air matang
  3. Masukkan ayam dan tunggu selama 5 menit, tiriskan
  4. Goreng ayam sampai bewarna kecoklatan
  5. Sebelum ayam benar matang tambahkan irisan bawang merah, daun salam, daun pandang yang di iris kasar, dan cabai hijau
  6. Angkat dan tiriskan
Penasaran dengan resep tradisional lainnya? silahkan cari tahu di bawah ini:

Ulala.... ayam tangkap khas Aceh special siap untuk disajikan. Gimana bunda sangat mudah bukan untuk membuat resep kali ini? bagi bunda yang pengen mencobanya dijamin tidak akan kerepotan dalam mencari bahan dan cara pembuatan, karena bahan dan cara pembuatannya sangat mudah untuk dilakukan. Sedikit tips buat bunda yang gemar memasak, kalau menggoreng jangan sekali-sekali mengoreng semua bahan ke dalam waja, karena hal tersebut akan membuat bahan masakan warnya tidak sempurna dan tingkat kematangannya yang kurang merata. Tips yang kedua adalah gunakan minyak goreng yang cukup artinya minyak tersebut sampai merendam semua permukaan dari bahan masakan, dan yang paling penting pastikan minyak dalam keadaan yang benar panas. Selamat mencoba.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Ayam Tangkap Khas Aceh

0 komentar:

Posting Komentar