Resep Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon

Resep Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon - Tahu gejrot... yaps tahu gejrot, bagi yang belum pernah mendengar jajanan yang satu ini pastinya terdengar aneh bahkan sangat aneh mungkin. Pasalnya penggunaan kata gejrot itu lho yang membuatnya lucu banget. Jujur saya ya sebelumnya saya juga belum pernah mencicipi tahu gejrot. Soalnya di kota say nggak ada sih abang yang jualan tahu gejrot, jadi nggak tahu rasanya gimana. Tiap ada temen yang kuliah di luar kota khususnya Jakarta, pasti pada cerita tentang makanan yang unik dari sana, mualai dari tahu gejrot, gado-gado, ketropak dan lain sebagainya, nikin ngiler aja tuh cerinya. Sedangkan saya belum pernah nyoba yahhh dikatain kudet deh hehehe.

Resep Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon

Nah... berdasarkan dari pengalaman saya kemaren gara-gara temen saya yang bikin penasaran setengah mati, saya langsung berfikir gimana sih rasanya tahu gejrot itu, padahal dari namanya aja udah aneh banget, apalagi dengan rasanya. Nah berangkat dari rasa penasaran saya kemaren, akhirnya saya memutuskan untuk membuat tahu gejrot sendiri di rumah. Tapi maslahnya gimana caranya? langsung aja saya tanya ke ibu saya yang kebetulan katanya sih pernah makan tahu gejrot dan jago banget masak, jadi beliau tahu deh cara membuatnya dan setelah itu saya di bantu untuk membuat tahu gejrot. Al hasil rasanya enak banget tahu yang digoreng dan bumbu yang digunakan sangat pas. Nah kali ini saya akan ngeshare apa yang ibu saya telah ajarkan kemaren.

Resep Tahu Gejrot

Bahan:
  • 8 buah tahu goreng sumedang
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cabai hijau
  • 3 bawang merah
  • 1 cabai merah
  • 2 buah cabai rawit
  • 2 sendok makan air asam
  • 1/2 sendok makan kecap
  • 125 air
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
Bahan sambal kecap:
  • 5 buah cabai rawit
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih
  • 3 sendok makan kecap
  • 1/2 sendok teh air jeruk nipis

Cara Membuat Tahu Gejrot

  1. Potong tahu sumedang menjadi dua bagian
  2. Masak air dan tambahkan semua bahan di atas dan tunggu sampai mendidih
  3. Dinginkan, kemudian tuang di atas tahu goreng
  4. Buat sambal kecap dengan cara cincang cabai rawit, bawang putih
  5. Tambahkan garam dan kecap serta air perasan jeruk nipis
Penasaran juga mengenai resep jajanan tradisional khas Nusantara? yuk cari tahu di bawah ini:

Tara.... tahu gejrot asli dari sumedang siap untuk disajikan. Untuk sekedar info dalam penyajian tahu gejrot, siapkan piring yang telah di beri alas daun pisang, kemudian susun tahu kemudian siram dengan sambal kecap dan sedikit tekan-tekan agar bumbu lebih meresap. Gimana bunda dan ladies sangat mudah bukan untuk membuatnya? jadi buat yang belum pernah mencicipi gimana rasanya tahu gejrot mending prakteekin langsung dirumah, karena sekarang banyak abang penjual makanan dan jajanan pinggir jalan melakukan kecurangan seperti banyak  beredar kasus minyak goreng yang di oplos dengan plasti, pasrti bahaya banget kan ya. Untuk itu sebaiknya bunda selalu menyajikan makanan olahan sendiri yang lebih higienis. Selamat mencoba.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon

0 komentar:

Posting Komentar