Resep Serabi Spesial

Resep Serabi Spesial - Kue serabi atau kue surabi atau nama lainnya kue apem ini merupakan jajanan yang khas dari Jawa tengah. Kue ini dapat denga mudah bunda jumpai di sepanjang jalan yang menjajalkan kue ini diatas gerobak, tak hanya dari pedagang gerobak atau kaki lima kue apem atau lebih sering kta kenal sebagai kue serabi ini banyak dijajalkan di toko atau outlet penjual makanan dan jajanan khas. Biasanya kue ini banyak dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota Semaran, Solo, Yogjakarta, dan sekitarnya. Namun bagi bunda yang ingin menikmati kelezatan kue serabi ini, bunda tidak perlu kok datang jauh-jauh ke kota Solo ataupun kota Semarang dan sekitarnya, karena bunda juga dapat membuatnya sendiri di rumah bersama dengan si kecil yang dapat menambah suasana kehangatan rumah.

Resep Serabi Spesial

Jajanan khas yang bernama kue serabi ini memiliki rasa yang manis yang pas sehingga tenggorokan tidak terganggu dengan rasa manis yang berlebihan. Kue serabi ini memiliki bentuk yang unik yakni serabi berbentuk bulat pipih dan pinggirnya mempunyai adonan yang tipis dan renyah, namun hal yang membedakan kue serabi dengan kue apem adalah dari segi bentuk, kalau ku apem biasanya berbentuk bulat pipih dengan gelembung-gelembung diatasnya, hal lain yang membedakan yaitu dari segi penyajian kalau kue serabi khas Solo ini disajikan dengan kuah santan kental atau biasanya juga diatas kue serabi ditambahkan toping sesuai dengan selera misalnya nangka, coklat, pisang dan yang lainnya, sedangkan kue apem disajikan hanya berbentuk kue saja dan tidak ada penyajian yang menarik seperti kue serabi. Berikut ini adalah cara untuk membuat kue serabi khas Solo.

Resep Kue Serabi Khas Solo

Bahan:
  • 250 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 2 butir telur
  • 650 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 25 ml air daun pandan
  • Margarin secukupnya
Bahan Membuat Kuah:
  • 100 gram gula merah
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 350 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1/4 sendok teh garam
  • 3 cm kayu manis
  • 1 butir cengkih
  • 2lembar daun pandan

Cara Membuat Serabi Khas Solo

  1. Campur dan aduk rata tepung terigu, garam dan baking powder
  2. Kocok lepas telur dan tambahkan santan sampai rata
  3. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata
  4. Tambahkan air, daun pandan, diamkan adonan kurang lebih 1 jam
  5. Panaskan tungku dari tanah liat dan olesi dengan margarin secukupnya
  6. Tuang adonan sebanyak satu sendok sayur (tergantung wajan/tungku)
  7. Tunggu sampai bergelembung
  8. Congkel dan keluarkan serabi dari wajan/tungku
  9. Sipkan kuah serabi dengan cara masak semua bahan kuah
  10. Aduk sampai rata dan santan mengental
  11. Angkat dan sajikan
Penasaran dengan resep jajanan tradisional lainnya? cari tahu dengan cara klik link di bawah ini:

Tara.... Gimana bunda sangat mudah dan gampang sekali bukan untuk membuat kue serabi khas Solo ini? kue serabi ini sangat cocok untuk dihidangkan bersama keluarga tercinta dan sambil menikmati hari weekend ataupun waktu luang sambil ditemani dengan secangkir teh hangat. Untuk sedikit informasi bagi bunda atau ladies yang ingin membuat serabi spesial ini namun tidak memiliki wajan yang dari tanah liat atau tungku dengan ukuran sedang, bunda dapat membelinya di pasar tradisional, biasanya wajan dari tanah liat ini disediakan tempat khusus yaitu gerabah yang berasal dari tanah liat. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan menambah pengetahuan bunda tentang dunia kuliner khususnya kuliner khas Indonesia. Selamat mencoba...

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Serabi Spesial

0 komentar:

Posting Komentar