Resep Pipis Kopyor Spesial

Resep Pipis Kopyor Spesial - Semangat pagi bunda, tetap jalani aktivitas bunda dengan semangat dan ceria. Bunda di sana tahu tidak dengan kuliner yang namanya pipis kopyor? cukup aneh ya bunda kalau lagi pertama denger menu kuliner pipis kopyor. Padahal seperti yang kita semua tahu kata pipis lebih kita kenal sebagai "kencing" atau buang air kecil. Akan tetapi kata pipis dalam bahasa mempunyai arti "menghaluskan" atau "melumatkan", sedangkan kata kopyor dalam basaha memiliki arti "daging buah kelapa yang lunak dan hancur". Menu kuliner merupakan makanan khas dari nusantara yang memiliki nama lain kue jongkong, kue khas dari daerah Jawa tengah dan Jawa timur. Kue ini sangat digemari oleh semua orang tak hanya orang tua yang menyukai jajanan unik ini namun anak-anakpun juga sangat mengemarinya.

Resep Pipis Kopyor Spesial

Pipis Kopyor ini memiliki rasa yang manis dan legit, pipis kopyor juga mempunyai bentuk yanag unik yaitu seperti buah daging kelapa yang dilunakkan atau dihaluskan. Bahan untuk membuat kue pipis kopyor ini cukup mudah dan sederhana serta gampang untuk mendapatkannya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue pipis kopyor ini antara lain gula pasir ynag menciptakan rasa manis dan legit pada kue, bahan selanjutnya adalah santan, santan disini berfungsi untuk memberikan rasa gurih dan nikmat pada kue, bahan yang diperlukan untuk membuat kue kopyor selanjutnya adalah daun pisang, daun pisang ini digunakan untuk membungkus adonan yang telah dibuat istilah bagi orang jawa ini dinamakan "tom" yaitu membungkus kue yang akan dibuat menggunaka daun pisang kemudian diberi  tusuk untuk menguatkan daun pisang agar tidak mudah rusak. Selengkapnya silahkan simak penjelasan saya di bawah ini.

Resep Pipis Kopyor

Bahan:
  • 200 gr tepung beras
  • 600 ml santan kental
  • 150 gr gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 1/2 sendok teh garam
  • Pewarna hijau secukupnya
  • 600 ml santan kental
  • 150 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 600 gr kelapa muda (sebagai bahan tambahan)
  • Daun pandan secukupnya
  • Daun pisang
  • Lidi penyemat secukupnya

Cara Membuat Pipis Kopyor

  1. Buat adonan pipis kopyor dengan cara mencampur tepung beras, gula pasir, vanili, garam, dan pewarna hijau
  2. Masak adonan tersebut dan tunggu hingga mengental, sisihkan
  3. Buat kuah santan dengan cara memasak santan kental
  4. Tambahkan gula pasir dan garam, aduk hingga rata
  5. Siapkan daun pisang yang telah dibersihkan taruh satu sendok adonan pipis kopyor dan siram dengan kuah santan
  6. Tusuk dengan potongan lidi
  7. Kukus selama 30 menit
  8. Angkat dan sajikan
Penasaran tentang bagaimana cara membuat makanan tradisonal yang lainnya? silahkan klik link di bawah ini:

Nah... Itulah bunda cara untuk membuat kue pipis kopyor atau yang dikenal dengan nama lain kue jongkong yang merupakan kue khas dari Jawa tengah dan Jawa timur. Saran untuk penyajian kue pipis kopyor ini sebaiknya disajikan dengan keadaan kue yang sudah dilepas dari daun pisang yang membungkus, hal ini dimaksutkan untuk memudahkan siapapun yang ingin menikmatinya, selain itu kue ini sebaiknya di sajikan dengan perutan kelapa muda yang sebelumnya telah dikukus agar tidak mudah cepat basi. Kue ini sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh atau susu yang hangat. Resep pada kue pipis kopyor ini disajikan untuk 20 porsi. Bagi bunda yang ingin mempraktekkannya di rumah silahkan dan selamat mencoba bunda.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Pipis Kopyor Spesial

0 komentar:

Posting Komentar