Resep Geplak Khas Bantul Spesial

Resep Geplak Khas Bantul Spesial - Geplak merupakan makanan tradisional dari jawa tengah tepatnya di Bantul, Yogjakarta. Bagi besar masyarakat Indonesia pasti sudah mengetahui kuliner jajanan nusantara yang satu ini. Makanan ini biasanya dijajalkan di berbagai pusat oleh-oleh, toko maupun warung-warung di pinggir jalan. Jajanan ini biasanya sering diburu oleh para pelancong khususnya kalau pergi ke Yogjakarta dan menjadi icon dari kota Bantul. Makanan ini (Geplak) berbahan dasar dari kepala yang dicampur dengan gula. Jadi rasa dari geplak tersebut adalah manis legit, makanan ini sangat kaya akan warna, dan umumnya menggunakan warna yang terang seperti merah, kuning, hijau, ungu dan lain-lain. Untuk mengetahui bagaimna proses pembuatan geplak silahkan simak dan ikuti terus penjelasan dari saya.


Resep Geplak Khas Bantul Spesial


Bagi bunda di rumah yang ingin menikmati geplak khas kota Bantul Yogjakarta, tapi tidak sedang dalam perjalanan ke Yogjakarta, serta tidak usah jauh-jauh pergi ke Bantul untuk menemukan kuliner khas nusantara ini. Bunda jangan khawatir ya... bunda bisa kok membuatnya di rumah, selain itu bahan yang digunakan untuk mebuat geplak cukup terbilang mudah dan sederhana, seperti yang saya ungkapkan sebelumnya bahan utama pembuatan jajanan khas khas Bantul Yogjakarta ini adalah kepala dan gula. Untuk mendapatkan bahan tersebut bunda dapat memperolehnya di berbagai swalayan ataupun pasar tradisional. Nah setelah mengetahui bahan utama dan cara untuk mendapatkannya sekarang saya akan membagi resep tentang cara pembuatan geplak khas kota Bantul Yogjakarta. Simak dan ikuti ya bunda.

Resep Geplak Khas Bantul Spesial

Bahan:
  • 400 gram tepung beras
  • 250 gram gula pasir
  • 125 ml air
  • 1/2 butir kelapa parut
  • Garam halus secukupnya
  • 1 sendok teh pewarna makanan merah
  • 1 sendok teh pewarna hijau

Cara Membuat Geplak Khas Bantul Spesial

  1. Sangrai tepung beras sampai kering
  2. Kemudian tambahkan kelapa parut dan tepung beras, aduk-aduk hingga rata dan sisihkan
  3. Kemudian masaklah air dan gula sampai mendidih lalu angkat
  4. Masukkan kelapa parut dan tepung beras yang sebelumnya disisihkan
  5. Bagi adonan menjadi 3 bagian yakni putih, merah, dan hijau, aduk dengan cepat hingga adonan mengental
  6. Bulatkan adonan yang sudah matang tersebut dengan menggunakan bantuan sendok
  7. Dingin sampai mengeras dan sajikan
Cari tahu juga mengenai resep tradisional lainnya, silahkan klik link di bawah ini:

Nah... Selesai deh geplak khas bantul spesial pun sudah jadi. Untuk mempercantik tampilan geplak khas Bantul bunda dapat plating dan garnice sesuai dengan selera. Geplak khas Bantul spesial ini sangat cocok disajikan dalam acara keluarga seperti arisan, dan juga saat kumpul dengan keluarga besar. Rasa manis dan legit dari gula dicampur dengan kelapa yang gurih pasti akan menggugah selera makan siapapun yang melihatnya. Jadi tunggu apalagi bunda segera sajikan makananan khas kota Bantul ini sebagai camilan yang sehat dan lezat untuk keluarga di rumah. Namun tips dari saya kali ini adalah bagi penderita gula darah (diabetes) disarankan untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebih, karena dikhawatirkan penggunaan gula dan rasa manis akan memicu naiknya gula darah. Selamat mencoba dan selalu sajikan masakan rumahan namun memliki cita rasa tinggi. Terimakasih telah membaca artikel ini.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Geplak Khas Bantul Spesial

0 komentar:

Posting Komentar