Resep Cara Membuat Kue Apem Kenyal

Kue apem merupakan salah satu jenis kue basah yang sering kita jumpai dan juga merupakan salah satu jajanan pasar yang sering disuguhkan ketika ada acara-acara penting di suatu tempat. Mungkin orang sekitar Jawa sudah tidak asing mendengar Resep Cara Membuat Kue Apem Kenyal karena bentuknya yang bulat, gepeng, dan memiliki rasa yang kenyal sehingga banyak disukai semua kalangan. Kue apem biasanya sering ditemukan di pasar yang atau tempat khusus penjualan kue tradisional. Rasa yang nikmat dan kenyal dari kue apem ini membuat semua orang tak sabar ingin mencobanya. Jika anda ingin menikmati kenyalnya kue kukus anda tidak perlu bingung-bingung untuk membelinya karena anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. 

 Kue Apem

Resep Kue Apem
Siapa tau dengan anda belajar cara membuat kue apem lama kelamaan berkembang anda bisa mendirikan usaha dibidang jasa makanan khususnya kue. Bahan yang digunakan untuk membuat kue apem sangatlah mudah dan sederhana. Anda bisa menemukannya di toko-toko yang menjual bahan khusus kue ataupun toko biasa. Jika anda bosan dengan kue kering layaknya Kue Nastar, Pancake Pisang Madu dan kue apem ini bisa menjadi menu pengganti anda.

Cocok disajikan ketika anda sedang kumpul bersama keluarga ataupun untuk menu penutup makan anda. Lebih nikmat lagi jika anda menyantapnya ketika masih dalam keadaan hangat serta ditemani secangkir kopi hangat di pagi hari, pasti akan membuat tubuh anda terasa hangat pula serta fikiran terasa lebih rileks. Langsung aja yuk diliat bagaima prosesnya supaya anda bisa langsung membuatnya sendiri di rumah.

Resep Kue Apem

Bahan:
  • Gula merah 300 gram
  • Air Kelapa Muda 350 ml
  • Daun Pandan 2 lembar
  • Tepung Beras 300 gram
  • Tepung Terigu 200 gram
  • Ragi Instan 1 sendok teh
  • Santan 360 ml
  • Garam secukupnya
  • Bunbu Spekuk 1 sendok teh
  • Baking Powder 2 sendok teh
Bahan yang ditaburkan:
  • Daun Pandan 2 lembar
  • Kelapa 200 gram, diparut kasar
  • Garam, secukupnya

Cara Membuat Kue Apem

Pertama gula merah direbus bersamaan dengan air kelapa dan daun pandan sambil diaduk-aduk sampai gula merah larut dan tercampur semua. Setelah itu saring kemudian ambil sekitar 450 ml gula merah yang sudah dilarutkan kemudian biarkan hangat. Lalu tuang sedikit demi sedikit tepung beras ke dalam adonan sambil sesekali diremas-remas hingga terasa lembut sempurna. Setelah adonan dingin tambahkan terpung terigu, ragi instan, santan, bumbu spekuk serta garam secukupnya sambil dikocok dengan kecepatan sedang. Diamkan selama 30 menit lalu tambahkan sedikit baking powder kemudian aduk-aduk lagi smapai rata dan tercampur semua. Setelah tercampur rata, siapkan cetakan berbetuk oval kecil sekitar 3 cm lalu tuang adonan ke dalam cetakan dan panaskan sekitar 10 menit. Lakukan sampai adonan habis semua. Kemudian masukkan cetakan ke dalam panci untuk dikukus selama 30 menit diatas bara api yang besar. Setelah matang angkat kemudian sajikan diatas piring serta jangan lupa taburi kelapa yang sudah diparut tadi.

Cukup mudah bukan untuk resep kue apem taburan kelapa parut? Cara membuatnya simple, nggak memerlukan banyak waktu serta bahannya nggak ribet untuk didapat. Yang pasti rasanya pun nggak kalah jauh dengan yang dijual di luar sana. Ketika ada waktu luang mungkin kue apem bisa menjadi salah satu daftar menu yanga akan anda nikmati bersama keluarga. Nggak usah nunggu lama-lama lagi ya.. langsung aja beli bahannya dan segera mencoba membuatnya. Saya yakin anda pasti ketagihan untuk mencicipinya trus, apalagi anak anda yang pasti suka dengan teksturnya yang lembut. Jika menginkan rasa yang gurih silahkan saja coba Resep Kue Lidah Kucing.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Kue Apem Kenyal

0 komentar:

Posting Komentar