Resp Kue Jongkong

Resp Kue Jongkong - Resep tradisional dari negara Indonesia yang terkenal dan tak kalah dari berbagai macam resep dari manca negara adalah kue jongkong. Bagi bunda yang belum pernah mencicipi atau mendengar nama jongkong, mungkin agak sedikit aneh dan asing ya bun. Pasalnya memang sekarang ini banyak penjual yang mulanya menjual berbagai macam kue tradisional termasuk kue jongkong, tetapi sekarang dari penjuak tersebyt banyak yang beralih profesi. Bukan masalah mudah memang untuk memasarkan kue jongkongini pada saat sekarang, karena banyaknya menu western dari barat yang melalang buana di Indonesia. Maka dariitulah kita sebagai bangsa Indonesia wajib untuk melestarikannya.


Untuk menjaga kelestarian kue tradisional kue jongkong, dan kue tradisional lainnya seperti kue talam pisang, kue mendut ketan hitam, dan getuk lindri. Kita sebagai generasi muda patut untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan kue jongkong tersebut. Seperti cara pembuatan resep kue tradisional lainnya, proses pembuatan kue jongkong ini tidak jauh berbeda dengan pembuatan resep kue tradisional lainnya. Bahan yang dibutuhkan dari pembuatan kue jongkong ini cukup sederhana, bahan utama sebagai bahan pembuatan kue jongkong adalah tepung beras, gula pasir dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya silahkan melihat ulasan saya di bawah ini.

Resep Kue Jongkong

Bahan:
  • 250 gram tepung beras
  • 1 liter santan
  • 25 ml air merang
  • 25 ml air suji
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok makan air kapur sirih
  • 100 gram kelapa parut
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Resep Kue Jongkong

  1. Campur tepung beras dengan garam dan gula pasir, aduk rata
  2. Masukkan air kapur sirih dan santan
  3. Bagi adonan menjadi dua bagian, beri satu bagian dengan air merang dan satunya lagi beri air daun suji
  4. Ambil satu bagian adonan dan tuang dalam loyang, kukus selama 6 menit
  5. Tuang adonan selanjutnya dan ulangi sampai semua adonan habis
  6. Angkat dan dinginkan
Gimana bunda cukup mudah bukan untuk membuat kue jongkong ini?. Bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana dan mudah untuk didapatkan. Selain bahan berbagai peralatan yang digunakan dalam membuat kue jongkong ini juga sederhana tidak perlu memakai peralatn modern seperti mixer, over dan lain sebagainya. Tapi bunda walaupun sederhana, rasa kue jognkong ini tidak sesederhana bahannya lho. Dijamin deh kalau bunda mencicipi kue jongkong ini, akan ketagihan lagi dan lagi. Selain kue jongkong ini dapat dikonsumsi sendiri, resep kue jongkong ini juga cocok untuk dijadikan peluang usaha, mengingat semakin sedikitnya penjual kue tradisional. Selamat mencoba...

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resp Kue Jongkong

0 komentar:

Posting Komentar