Resep Kue Mendut Ketan Hitam

Resep Kue Mendut Ketan Hitam - Negara kita tercinta Indonesia memang kaya akan berbagai macam jenis kuliner yang sangat khas, mulai dari makanan pembuka, makanan berat, hingga makanan penutup atau dalam bahasa ingrisnya disert, semuanya ada dalam kekayaan kuliner nusantara. Untuk makanan penutup saja Indonesia banyak memiliki varian dari berbagai macam daerah, sebut saja salah satunya adalah kue mendut ketan hitam ini. Kue mendut sendiri ternyata juga banyak varian rasa, antara lain, kue mendut mutiara bungkus plastik, kue mendut ketan putih, dan kue mendut ketan hitam.

Resep Kue Mendut Ketan Hitam

Dari sekian banyak varian dari kue mendut tersebut, sekarang yang akan saya bahas adalah kue mendut ketan hitam. Bagi yang belum pernah mendengar kue mendut ini, pasti akan merasa bingung ya, karena penggunaan kata mendut. Nama mendut adalah nama salah satu candi yang berada di Magelang Yogjakarta atau yang lebih terkenal dengan candi prmabanan. Bagi yang masih inget ceritanya gimana hayo???. Tapi saya juga belum tahu jelas kenapa kue ini di beri nama kue mendut, entah karena berasal dari Magelang yang memiliki candi mendut, atau giman. Yang pasti kue mendut ini berasal dari Jawa tengah. Penasaran dengan gimana rasanya? simak penjelasan saya di bawah ini ya.

Resep Kue Mendut Ketan Hitam

Bahan:
  • 250 tepung ketan hitam
  • 50 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 ml santan kental
  • Daun pisang secukupnya
  • 125 ml santan kental
  • 2 batang daun pandan
  • 1/2 butir kelapa parut
  • 100 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 50 ml air bersih

Cara Membuat Kue Mendut Ketan Hitam

  1. Buat bahan isian,  rebus air dan parutan kelapa kemudian tambahkan daun pandan
  2. Tambahkan gula dan garam, aduk hingga tercampur rata, sisihkan
  3. Rebus santan sebagai bahan olesan
  4. Buat adonan, campur gula, tepung ketan dan garam aduk sampai rata
  5. Tuang santan sedikit demi sedikit sampai kalis
  6. Ambil sedikit adonan dan pipihkan
  7. Kemudian beri isian di atasnya
  8. Siapkan daun pisang dan tuang santan sebagai bahan pengoles
  9. Masukkan bulatan adonan di atas daun pisang dan bentuk hingga menutupi semua bagian
  10. Kukus selama 25 menit
  11. Angkat dan sajikan
Cobain juga resep jajanan tradisional yang sejenis, dijamin lezat :

Bagaimana menurut bunda, cukup mudah bukan untuk membuat kue mendut ketan hitam ini?. Yah walaupun agak sedikit rumit sih nggak apa-apa kan bun yang penting sudah berusaha membuat. Selain itu bahan yang di butuhkan juga sangat mudah untuk didaptkan. Untuk bunda yang kesulitan mencari daun pisang, bisa kok menggantinya dengan plastik. Tapi memang rasanya mungkin agak sedikit beda, karena daun pisang memiliki aroma yang sangat khas pada makanan. Tapi so far nggak masalah sih bun. Kue mendut ini sangat cocok untuk disajikan pada acara keluarga maupun pada saat acar kumpul-kumpul bersama sahabat. Selamat mencoba bunda.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Mendut Ketan Hitam

0 komentar:

Posting Komentar