Resep Tempe Penyet

Mungkin anda di rumah sudah bosan dengan menu masakan yang mewah, tidak ada salahnya jika anda mencoba sambal tempe penyet. Olahan Resep Tempe Penyet bisa dikategorikan sebagai menu makanan yang sangat sederhana jika dilihar dari bahan serta cara membuatnya. Mungkin anda heran mengapa bisa dinamakan tempe penyet? hehe. Disebut demikian karna bahan dasar dari tempe penyet pada dasrnya adalah tempe yang dibumbui kemudian digoreng lalu dipenyet dalam sambal yang diberi bumbu-bumbu yang nikmat. Saya yakin bagi anda penggemar penyet nggak asing mendengarnya, atau bahkan mungkin tempe penyet menjadi makanan favorit anda sekalian. 

Tempe Penyet

Resep Tempe Penyet
Oh ya, anda nggak perlu khawatir mengenai cara membuatnya karena saya yakin bagi pemula yang baru belajar masak pun pasti akan bisa karena cara membuatnya simple pake banget kok. Kalo masalah bahan nggak perlu bingung juga, semuanya udah tersedia di pasar atau penjual sayur keliling yang biasanya lewat depan rumah anda. Tempe sangat mudah ditemukan dimana saja, serta untuk membuat sambalnya saya yakin anda pasti sudah menyediakan sendiri di rumah bahna-bahannya.

Dalam membuat sambal bisa disesuaikan dengan selera anda level pedasnya. Udah murah bahannya, gampang cara bikinnya, nggak butuh waktu yang lama juga lagi, kurang apa lagi coba? Apalagi jika dimakan dengan nasi yang panas, hmmm nggak kebayang gimana nikmatnya, pasti anda akan abisin itu penyet sampe nggak tersisa sedikit pun..hehehehe Oh ya cobain juga sambal lainnya dengan paduan terong ataupun telur di Resep Terong Balado dan Resep Cara Membuat Sambal Balado Terong.Yuk langsung aja diliat gimana cara membuat tempe penyet ini.

Resep Tempe Penyet

Bahan Tempe:
  • Tempe 40 potong
  • Kaldu Ayam 600 ml
  • Garam, secukupnya
  • Ketumbar 2 sendok teh, dihaluskan
  • Minyak Goreng, secukupnya
Bahan Sambal:
  • Cabe Merah 10 buah
  • Cabe Rawit 20 buah
  • Bawang Merah 8 buah
  • Bawang Putih 4 siung
  • Terasi 4 sendok makan

Cara Membuat Tempe Penyet

Pertama siapkan kaldu dalam mangkok campuri juga dengan garam dan ketumbar yang sudah dihaluskan kemudian rendam tempe didalamnya dan tunggu sekitar 30 menit sampai bumbu meresap ke dalam tempe. Setelah itu goreng tempe yang sudah direndam ke dalam wajan penggorengan yang sudah dipanaskan minyaknya. Goreng tempe sampai berwarna kuning keemasan. Setelah matang angkat kemudian tiriskan. Bahan sambal ditumbuk sampai halus kemudian ditumis dan tunggu sampai baunya harum, setelah itu angkat dan sisihkan. Kemudian letakkan tempe yang sudah digoreng tadi dalam piring lalu beri sambal diatasnya dan tekan (penyet) tempe dengan uleg sambal agar agak gepeng. Tempe penyet siap untuk dinikmati.

Tuh, nggak sulit kan ternyata untuk buat tempe penyet dan nggak butuh keahlian khusus juga tentunya. Anda bisa langsung mencobanya di rumah agar tidak penasaran lagi dengan rasanya. Oh ya, dalam menyajikan tempe penyet ini biasanya ditemani dengan berbagai lalapan lainnya seperti mentimun, kol, dan daun kemangi yang pasti akan menambah nikmat lagi. Apalagi dipadukan dengan kangkung campur telur puyuh pasti bakal lebih nikmat, untuk mencoba resepnya lihat di Resep Cah Kangkung. Selain tempe enak untuk dikonsumsi ternyata ada manfaat bagi tubuh juga jika mengkonsumsinya. Kabar baik anda yang menderita diabetes karena tempe juga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan protein dan serat yang terdapat dalam tempe mampu mencegah naiknya kadar gula darah. Jadi makin semangat kan pastinya untuk mencoba resep diatas. Silahkan langsung dipraktekkan di rumah..

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Tempe Penyet

0 komentar:

Posting Komentar