Resep Cara Membuat Sambal Balado Telur

Jika anda mempunyai bahan telur di rumah dan bingung cara mengolahnya anda bisa mempraktekkan sambal balado telur. Resep Cara Membuat Sambal Balado Telur pada dasarnya berbahan pokok telur yang dibuat dengan bumbu sambal balado. Rasanya yang pedas serta nikmat tidak akan membuat lidah anda merasa bosan. Tak perlu merogoh kocek yang banyak kok untuk membuat resep sambal balado telur ini, bahannya cukup sederhana dan tidak terlalu banyak. Jadi anda nggak perlu bingung lagi kan menu apa yang akan menemani anda pada hari ini. Oh ya bunda dalam memasak usahakan kualitas bahan yang digunakan ya.. karena ini sangat penting menyangkut kesehatan tubuh anda dan keluarga. Jadi anda harus pintar-pintar dalam memilih bahan yang akan digunakan nanti.

Sambal Balado Telur

Resep Sambal Balado
Resep Kafe selalu memberi tips menarik disetiap resep yang di publish. Seperti pada memilih kangkung pada Resep Cah Kangkung. Nah, karena bahan dasar yang akan kita gunakan nanti adalah telur jadi kita harus tau bagaimana cara memilih telur yang baik untuk dioalah. Saya akan membagikan sedikit tipsnya untuk para bunda di rumah. Langkah pertama siapkan baskom yang sudah diisi air kemudian taruhlah sebutir telur yang sudah dipilih dalam air tersebut. Anda bisa melihat posisi telur tersebut, jika posisinya tertidur maka telur tersebut dianggap segar dan layak dimasak.

Nah lalu bagaimana Jika posisinya mengambang atau agak miring dari normalnya maka telur tersebut telah berumur sekitar 4 hari sampai 9 hari lamanya. Jika posisinya tegak umur telur tersebut sudah sekitar 10 hari. Sekarang bunda sudah tau kan bagaimana cara memilih telur yang baik, bisa langsung dicoba di rumah dan segera mencoba resep sambal balado telur.

Resep Sambal Balado Telur

Bahan:
  • Telur 12 butir
  • Cabe Merah 16 butir
  • Bawang Putih 8 siung
  • Tomat Merah 1 buah, diptong kecil
  • Gula Pasir 1 sendok teh
  • Garam, secukupnya
  • Minyak Goreng, secukupnya
  • Bawang Merah 8 butir, cincang halus

Cara Membuat Sambal Balado

Siapkan cetakan apem untuk emnggoreng telur sampai matang, ketika sudah matang angkat lalu tiriskan. Setelah itu tumbuk halus bawang putih dan cabe merah lalu sisihkan. Siapkan wajan yang digunakan untuk menumis bawang merah, tunggu smapai baunya hrum, lalu tambahkan bumbu yang sudah ditumbuk halus tadi bersamaan dengan tomat dan aduk trus hingga tomat hancur dan merata. Kemudian tambahkan juga gula dan garam kemudian aduk rata. Lalu masukkan telor ke dalam tumisan bumbu, aduk kembali sampai rata dan tunggu hingga bumbu meresap ke dalam telur. Ketika sudah matang dan baunya harum angkat kemudian sajikan.

Mudah bukan cara membuat sambal balado? Saya yakin tidak ada kesulitan dari bahan maupun cara membuatnya. Anda bisa langsung praktek untuk coba membuatnya di rumah. Bagi anda pecinta rasa pedas bisa menambahkan cabe sesuai selera dan bahan yang lainnya sebagai pelengkap. Oh ya bahan diatas sesuai untuk dibuat sambal balado telor menjadi banyak porsi. Atau bunda pengen ikan? Kalau emang iya cobain yuk Resep Pepes Bandeng ataupun Resep Pindang Ikan Patin. Selamat mencobanya ya di rumah..

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Sambal Balado Telur

0 komentar:

Posting Komentar