Resep Cah Kangkung Sehat Bergizi

Resep cah kangkung adalah jenis lauk jenis sayuran yang nikmat. Begitu banyak macam-macam sayuran, salah satu primadona dari sayuran adalah cah kangkung. Kangkung tumbuh di banyak kawasan asia, namun ternyata kangkung ini berasal dari india. Kangkung dibagi menjadi dua, yaitu kangkung darat dan kangkung air. kayak hewan amvibi saja ya, heeee. Kedua jenis kangkung ini sama-sama bisa di makan, perbedaanya hanya terdapat pada bentuk daun dan batangnya, kalau yang darat bentuk daunnya panjang dan runcing sedangkan batangnya yang tegak. Kangkung air daunnya pendek dan tumpul sedangkan batangnya merambat liar seperti ubi jalar. Resep cah kangkung sehat bergizi jadi sangat banyak digemari.

Cah Kangkung

Resep Cah Kangkung

Taukah bunda akan kandungan gizi yang terdapat dalam resep cah kangkung? didalam 100 grm kangkung terdapat bermacam-macang kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh kita, seperti: Vitamin A 6.300 IU, Vitamin B1 0,07 mg, Vitamin C 32 mg, Air 89,7g, 5,4 g karbohidrat, 73 mg kalsium, 50 mg fosfor, 1,0 g serat, 0,3 lemak, 3 g protein, 29 kal energi, dan 2,5 mg zat besi. Manfaat sayur ini sebesar resep pepes bandeng. Bagi bunda-bunda yang sibuk dan harus menyiapkan masakan untuk keluarga, resep yang akan saya bagikan ini sangatlah cocok untuk di coba.

Resep Cah Kangkung

Bahan:
  • 1 ons Daging Sapi di iris tipis-tipis
  • 10 butir Telur Puyuh matang yang telah dikupas
  • 2 ikat Kangkung muda
  • 2 siung Bawang Putih, iris tipis-tipis
  • 4 siung Bawang Merah, iris tipis-tipis
  • 5 buah Cabe Merah besar iris miring
  • 1 sdt Kaldu Bubuk
  • 1 sdt Merica 
  • 1 sdm Kecap Asin
  • 1 sdm Saus Tiram
  • 2 sdm Kecap Manis
  • 1 sdt Terasi bakar
  • Pala, Garam, Gula secukupnya
  • 200 ml Air

Cara Membuat Cah Kangkung

  1. Bumbui daging dengan pala, merica, kecap asin, saus tiram, kemudian biarkan beberapa saat.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, tumis sampai harum
  3. Masukkan daging tambahkan kecap manis, masukkan kangkung tuis sampai kangkung layu
  4. Masukkan air, gula, trasi,  kaldu bubuk, dan telur putuh
  5. Aduk-aduk sampai merata, tunggu sampai matang
  6. Cah kangkung siap dihidangkan
Mengolah resep cah kangkung sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang banyak. Olahan kangkung yang paling populer adalah dimasak menjadi cah kangkung bumbu trasi ataupun bumbu tauco. Kangkung merupakan sayuran yang dapat dengan mudah kita temukan dipasar. sayuran yang satu ini merupakan idola dikalangan ibu rumah tangga karena harganya yang murah dan mudah untuk mengolahnya menjadi sebuah hidangan yang sederhana namun dengan rasa yang luar biasa.

Catatan Kenapa Harus Memasak Kangkung

Keuntungan memakan kangkung sangat banyak khususnya pada pencernaan karena mengandung serat yang baik dan inilah berbagai keuntungannya.
-Mengatasi sembelit pada wanita yang hamil
Bagi para suami yang mempunyai seorang istri yang lagi hamil harus tahu kebiasaan atau kendala yang dialami istrinya.  Pada saat seperti ini wanita hamil cenderung lebih sering mengalami sembelit. Maka dari itu persiapkanlah kangkung sebagai penawarnya agar buang air besarnya menjadi lancar. Silahkan olah kangkung menjadi sayur ataupun cah kangkung, dengan catatan jangan pedas karena tidak baik utuk ibu hamil.
-Anda susah tidur? Kangkunglah obatnya
Banyak diantara teman yang mengalami masalah ini padahal besok pagi harus dijejali dengan padatnya rutinitas. Kendala ini bisa anda atasi dengan memakan kangkung. Sifat sedatif pada kangkung mengakibatkan saraf lebih santai/kendur. Semakin kendur saraf maka semakin tingggi pula tingkat ngantk anda.
-Bayam kalah dengan kangkung masalah vitamin A
Jika selama ini bayam sangat terkenal dan dijuluki sebagai raja sayuran namun dalam hal kandungan vitamin A teryata bayam kalah dengan kangkung. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa kangkung sangat baik untuk menambah ketajaman mata.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Cah Kangkung Sehat Bergizi

0 komentar:

Posting Komentar