Resep Sayur Lodeh Kental

Dalam keseharian kita sering menjumpai resep menu masakan yang satu ini, ya Sayur Lodeh namanya. Resep sayur lodeh biasanya sering disajikan oleh para ibu rumah tangga. Banyak yang suka sayur lodeh karena rasanya yang enak dan juga cara memasaknya tidak begitu rumit serta tidak memakan banyak waktu. Yang khas dari sayur lodeh adalah santannya yang lekat yang bisa membuat anda ketagihan untuk menukmatinya kembali. Sayur Lodeh bisa dinikmati oleh semua kalangan serta cocok dinikmati ketika anda sedang berkumpul bersama dengan keluarga. Tapi jangan khawatir akan kolesterol akibat menu yang bersantan karena Sayur Lodeh juga bisa dikombinasikan dengan berbagai sayuran.

Sayur Lodeh Kental


Resep Sayur Lodeh

Nah, dari sayuran ini nantinya bisa menetralisir kolesterol yang ada. Jadi anda tidak perlu berfikir dua kali untuk menikmati Sayur Lodeh. Selain enak, mudah disajikan, juga bahan-bahan yang digunakan tidak begitu sulit untuk didapatkan. Kita bisa menjumpainya di pasar-pasar terdekat. Sayur Lodeh juga cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak karena banyak mengandung asupan gizi yang bisa mendorong mereka dalam masa pertumbuhan.Menu lainnya yang juga menyehatkan adalah resep cah jamur tiram.

Anda bisa bebas mengkombinasikan sayur lodeh dengan berbagai sayuran sesuai selera. Bisa diselingi dengan jenis makanan yang lainnya agar anda tidak merasa bosan. Misalnya dengan aneka gorengan ataupun resep cah kangkung untuk menemani menyantap Sayur Lodeh yang lezat ini. Pengen tau kan apa saja bahan yang digunakan dan cara bagaimana cara memasaknya? Nah dibawah ini akan dijelaskan secara detail. Yuk mari disimak..

Resep Sayur Lodeh

Bahan:
  • Santan 4 liter yang diambil dari 4 buah Kelapa
  • Gula Merah 4 sendok teh, disisir
  • Garam 4 sendok makan
  • Lengkuas 6 butir, ditumbuk
  • Daun Salam 4 lembar
  • Hijau 6 Cabai, dirajang miring
  • Daun Mlinjo 200 gram
  • Terong 2 buah, dipotong menjadi kotak-kotak sedang
  • Kacang Panjang 16 buah, dipotong kecil sekuran setengah jari
  • Labu Siam 600 gram, dipotong kotak-kotak kecil
  • Bawang Merah 16 butir
  • Bawang Putih 6 siung
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Kencur 4 butir
  • Terasi 1 sendok teh, digoreng
  • Kemiri 6 butir

Cara Membuat Sayur Lodeh

Ambil bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, kencur, dan ketumbar kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah bumbu halus siapakan panci kemudian tuangkan santan ke dalam panci lalu rebus diatas kompor. Setelah itu masukkan bumbu yang sudah ditumbuk halus tadi dan jangan lupa masukkan daun salam serta lengkuas. Tunggu rebusan tersebut sampai menimbulkan bau yang harum. Sementara menunggu rebusan, cuci sayuran yang sudah dipotong dengan air sampai bersih. Setelah ada bau yang harum, masukkan garam dan juga gula merah. Setelah semua bumbu dimasukkan, tambahkan kacang panjang tunggu sampai setengah matang. Setelah kacang agak matang, masukkan labu siam dan terong, dua bahan ini dimasukkan paling akhir karena bisa matang lebih cepat dibanding dengan lainnya. Jangan lupa masukkam daun mlinjo serta cabai hijau kedalam rebusan tersebut. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Tunggu beberapa saat sampai semuanya matang. Ketika sudah matang tuang sayur ke dalam mangkok atau wadah lainnya. Sayur lodeh sudah siap untuk dinikmati.

Mudah bukan dalam memasak resep sayur lodeh? Saya rasa anda bisa mulai untuk mencoba memasak dirumah masing-masing. Apalagi bagi anda yang gemar akan menu masakan yang bersantan. Anda bisa langsung capcus pergi ke pasar untuk membeli bahan-bahan yang sudah saya paparkan diatas. Oh ya, tapi jangan lupa ya untuk tetap memeperhatikan kualitas bahan yang nantinya akan anda olah untuk menu santap keluarga. Paling penting pilih bahan yang masih segar, sehingga tidak khawatir lagi jika akan mengkonsumsinya. Dalam sayuran tersebut pasti masih banyak zat-zat yang beracun dari pestisida, segingga anda perlu mencuci bersih sebelum dimasak dan dikonsumsi keluarga anda. Oh ya coba makan dengan lauk resep pepes bandeng, pasti makin nikmat. Selamat mencoba dirumah..

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sayur Lodeh Kental

0 komentar:

Posting Komentar