Resep Cah Jamur Tiram

Cah jamur merupakan masakan yang banyak dicari para pecinta kuliner nusantara. Penikmat makanan ini banyak dari kalangan pecinta hidup sehat. Betapa banyaknya manfaat yang terkandung dalam olahan jamur. Bukan hanya manfaat saja yang menjadi nilai plus. Tengok saja pengolahan resep cah jamur tiram yang mudah banget bun. Jika menilisik lebih dalam bumbu yang ada pada cah kangkung sangat mirip dengan tumis. Sebut saja resep tumis kacang panjang ataupun resep cah kangkung. Saya rasa dipenjuru indonesia bumbunya hampir sama.

Tumis Jamur Tiram

Resep Cah Jamur

Berkeliling menikmati nikmati nikmatnya kuliner nusantara merupakan impian banyak orang khususnya para wanita. Entah kenapa  disetiap berkunjung ke sebuah resto atau rumah makan selalu ada resep yang berhubungan dengan jamur tiram. Mungkin karena resep cah jamur tiram banyak banget penggemarnya ya. Walaupun memang di tempat makan tersebut mengganti nama cah jamur dengan sebutan karena ada sedikit sentuhan bumbu. Tak apa lah bun yang penting rasa dan aromanya tak jauh beda.

Resep Cah Jamur Tiram

Bahan:
  • Jamur tiram 150 gram, yang sudah disuiri
  • Daun Bawang 2 helai, iris kasar
  • Cabe Rawit 5 buah, iris tipis-tipis
  • Cabe Merah 3 buah, besar iris tipis-tipis
  • Bawang Merah 5 buah, cincang halus
  • Bawang Putih 3 siung, cincang halus
  • Garam 1/2 sdt
  • Gula pasir 1/2 sdt
  • Merica bubuk 1/4 sdt
  • Daun Jeruk 2 lembar, iris tipis-tipis
  •  Tomat 1/2 bagian, rajang kasar
  •  Air 50 ml
  • Minyak secukupnya untuk menumis

Cara Membuat Cah Jamur

  1. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan cabe merah sampai harum
  2. Masukkan jamur, tambahkan garam, gula, merica bubuk, dan daun jeruk. aduk-aduk hingga layu
  3. Tambahkan air dan tomat, aduk merata dan tunggu sampai matang
  4. Angkat dan sajikan cah jamur tiram
Memang susah untuk menangkarkan si putih ini, namun tidak dengan mengolahnya kan bunda? Demikian resep cah jamur tiram yang saya usulkan untuk menjadi menu sarapan keluarga bunda. Semoga resep cah jamur tiram ini bermanfaat untuk bunda-bunda semua. selamat mencoba!
Manfaat Jamur Bagi Kesehatan
Jamur tiram atau pleurotus ostratus dapat kita temukan di hutan sekitar pegunungan karena udaranya yang sejuk. Jamur tiram biasa tumbuh dibawah pohon yang memiliki daun rindang atau batang kayu. namun sekarang sudah banyak sekali masyarakat yang telah membudidayakan jamur tiram ini melalui media serbuk kayu yang telah dikemas dalam kantong plastik.

Pertumbuhan jamur tiram ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Pertumbuhan jumlah cabang jamur tiram lebih banyak disaat jamur tumbuh dibawah pohon yang berdaun lebar yang rindang dan sedikit terkena cahaya matahari dibandingkan dengan pertumbuhan jamur di tempat yang cukup terkena cahaya matahari.

 Selain rasa dari olahan jamur tiram yang mak nyus... tentunya jamur tiram ini banyak sekali kandungan gizinya. seperti asam amino yang lengkap, protein tinggi, serat, mengandung vitamin B1,B2, garam mineral Ca,P,Fe,Na dan K. Dari kesemua manfaat yang ada padanya tak salah jika bunda memilih resep cah jamur tiram.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Cah Jamur Tiram

0 komentar:

Posting Komentar