Resep Cara Membuat Opor Ayam

Opor ayam adalah makanan yang berbahan dasar ayam yang diberi santan pekat yang nikmat. dan diolah dengan berbagai bumbu.  Biasanya opor menjadi menu andalan untuk menemani ketupat ketika lebaran. Tidak asing lagi mendengar jenis makanan yang satu ini. Pasti kita sering menemui kan di meja-meja makan setiap rumah pasti menyediakan opor ayam. Hal itu disebabkan oleh rasanya yang nikmat dari ayam itu sendiri serta dipadukan dengan nikmatnya kuah santan yang pekat berkat bumbu rempah-rempah yang diberikan. Tapi nggak perlu menunggu lebaran kok bagi anda yang sudah pengen banget untuk mencicipinya. Sudah detail banget tutorialnya jadi anda bisa langsung mencoba membuatnya sekarang di rumah. Cara membuat yang mudah serta bahannya yang mudah untuk didapat akan membuat anda tidak kesulitan dalam mengolahnya.

Oh ya, resep opor ayam juga nggak harus dinikmati sama ketupat aja kok, bisa juga dinikmati dengan nasi. Tentunya nggak mengurangi rasa nikmat yang ada dari opor ayam tersebut. Apalagi jika disajikan ketika masih hangat, pasti semua yang melihatnya nggak sabar untuk mencicipinya. Tambah enak lagi kalau memasak opor ayam dagingnya bisa sampai empuk, jadi nggak alot ketika digigit.

Ada banyak cara agar daging ayam yang diolah bisa menjadi empuk seperti yang sudah dijelasan ketika memasak rendang daging sapi, caranya sama persis tinggal pilih pengen pake cara yang mana. Usahakan ya dalam memasak perhatikan kualitas daging ayam yang akan diolah nantinya, usahakan daging tersebut masih segar karena kualitas lah yang penting dan akan dikonsumsi oleh keluarga anda. Kalau saja penegen ikan cobain dech Resep Pindang Ikan Patin.

Resep Opor Ayam

Bahan Utama:
  • Ayam 2 ekor, dipotong sesuai selera
  • Air santan dari 2 butir kelapa
  • Kayu Manis 8 cm
  • Lengkuas 2 cm, dimemarkan
  • Serai 2 batang, dimemarkan
  • Daun Salam 4 lembar
  • Minyak Goreng, secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
  • Bawang Merah 20 butir
  • Bawang Putih 8 siung
  • Ketumbar 2 sendok makan
  • Jintan 20 butir
  • Merica 1 sendok teh, ditumbuk halus
  • Jahe 4 cm, dimemarkan
  • Kunyit 4 cm, dimemarkan
  • Garam, secukupnya

Cara Membuat Opor Ayam

Ayam yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian sesuai selera dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian siapkan wajan yang sudah diberi minyak goreng dan tunggu sebentar sampai minyak panas. Ketika sudah panas goreng ayam yang sudah dicuci bersih tadi. Goreng ayam hingga setengah matang dan berwarna kuning keemasan kemudian angkat dan tiriskan. Selanjutnya tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi  dan jangan lupa masukkan daun salam, serai, lengkuas serta kayu manis. Tumis hingga baunya harum, ketika baunya sudah harum masukkan santan berbarengan dengan ayam. Aduk sampai semuanya tercampur rata dan tunggu beberapa menit sampai santan menjadi kental dan ayam terasa empuk. Setelah ayam empuk dan matang angkat kemudian sajikan dalam mangkok atau wadah. Opor ayam siap untuk dinikmati.

Hmm.. pasti udah kebayang bagaimana nikmatnya menyantap opor ayam. Apalagi disajikan dengan lontong atau ketupat ketika lebaran serta di sandingkan dengan Sambal Balado Telur dan Cah Kangkung. Jadi anda nggak perlu khawatir lagi mikir bagaimana cara membuatnya, karena diatas sudah dijelaskan secara gamblang mulai dari bahan hingga proses mengolahnya. Cocok juga dihidangkan bersama dengan aneka gorengan yang ada untuk menambah selera makan anda. Bagi anda penggemar pedas bisa juga membuat sambal agar lebih hot dan mengundang selera. Saya sarankan karena opor ayam merupakan jenis makanan dengan kandungan kolestrol yang tinggi yaitu dari ayam dan santan yang pekat, amka sesudah mengkonsumsi opor ayam anda bisa mentralisir dengan mengkonsumsi buah-buahan atau dikonsumsi dalam bentuk jus. Selamat mencoba ya bunda.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Opor Ayam

0 komentar:

Posting Komentar