Resep Cara Membuat Bobor Daun Singkong Oblok Oblok

Resep Cara Membuat Bobor Daun Singkong Oblok Oblok - Bobor daun singkong atau yang lebih familiar di sebut dengan "oblok-oblok" (kalau di daerah tempat tinggal saya), unik banget kan nama menunya bun. Berdasarkan sedikit pengalaman dari saya, awalnya saya ragu untuk mencicipi bobor ini. Hal yang membuat saya ragu adalah sajian dari bobor daun singkong itu sendiri. Yang biasanya bobor daun singkong disajikan dengan kuah santan yang lumayan kental, dan itu yang membuat saya agak geli melihatnya, karena saya sendiri tidak suka dengan menu masakan yang berkuah santan.

Resep Bobor Daun Singkong
Bobor Daun Singkong
Bobor daun singkong ini merupakan makanan yang sudah ada saya kecil, dan teman sebaya waktu itu sangat menyukai bobor daun singkong. Ciri khas dari bobor daun singkong ini adalah aroma berbagai macam jenis rempah yang membuat bobor daun singkong ini semakin sedap. Selain itu warna dari kuah bobor daun singkong yang bewarna agak kekuningan yang berasal dari kunyit serta kencur yang di campur menjadi satu menjadi sajian bobor daun singkong yang lezat.

Resep Bobor Daun Singkong

Bahan:
  • 2 ikat daun singkong
  • 1 ons teri
  • 1 ons kelapa parut
  • Bumbu halus:
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok makan kencur
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 1 ruas jari jahe
  • 5 siung bawang merah
  • 3 buah cabe merah
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 sendok teh garam

Bahan kuah:
  • 700 ml santan kental
  • Cabe rawit secukupnya
  • 3 lembar daun salam
  • 4 siung bawang merah, haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 3 bauh cabe merah, haluskan
  • 1 sendok makan kencur bubuk

Cara Membuat Bobor Daun Singkong

  1. Rebus daun singkong hingga empuk, dan sisihkan.
  2. Campur bumbu halus, kelapa parut dan teri. Lalu didihkan.
  3. Masukkan garam, cabe rawit, dan tambahkan daun singkong.
  4. Angkat dan sajikan bobor daun singkong.
Lihat juga resep tradisional lainnya yang mak nyuss:
Akhirnya resep dari saya yang kali saya bagi sudah siap dan selesai bun. Sangat mudah bukan untuk membuat bobor daun singkong ini, selain itu bahan yang digunakan juga mudah untuk didapatkan dipasar tradisional, meskipun bahan rempah yang digunakan untuk membuat bobor daun singkokng ini agak banyak. Tapi saran dari saya kalau ingin membuat bobor daun singkong, pilihlah daun singkong yang masih muda dan segar. Sehingga hasil akhir dari bobbor daun singkong ini nantinya akan kelihatan lebih fresh. Selamat mencoba resep spesial dari saya yaitu bobor daun singkong.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Bobor Daun Singkong Oblok Oblok

0 komentar:

Posting Komentar