Resep Cara Membuat Awug Awug Sagu Mutiara

Resep Cara Membuat Awug Awug Sagu Mutiara - Awug-awug sagu mutiara merupakan asli dari negara kita tercinta, yang tepatnya berasal dari daerah jawa dan khususnya jawa tengah. Kalau boleh saya mendeskripsikan tentang jajanan awug-awug ini, berikut penjelasannya. Awug-awug sagu mutiara ini merupakan salah satu jajanan pasar yang berwarna putih dari sagu tentunya, bentuk akhir dari awug awug sagu mutiara ini adalah kerucut dengan di balut dengan daun pisang. Selain itu awug awug sagu mutiara ini juga memiliki isian yang berupa irisan gula merah, jadi rasa dari awug awug sagu mutiara ini nantinya dominan dnegan rasa manis.

Resep Awug-Awug Sagu Mutiara
Awug Awug Sagu Mutiara
Awug awug sagu ini juga salah satu jenis makanan atau jajanan pasar yang sejak kecil saya sukai. Selain rasanya yang dominan manis, awug awug sagu mutiara ini bertekstur lebut tapi agak terlalu berserat, jadi sedikit unik dan lezat bun. Sudah kebayang kan bun dengan rasa dari awug awug sagu mutiara ini?. Bagi bunda yang berasal dari liar jawa dan penasaran dengan awug awug sagu mutiara ini juga boleh lho mencobanya di rumah. Tapi yang saya rekomendasikan adalah para warga jawa yang pindah ataupun menetap di luar jawa harus mencoba awwug awug sagu ini bun. Karena dengan membuat awug awug sagu mutiara ini bunda bisa bernostalgia dengan makanan yang ada di kampung.

Resep Awug Awug Sagu Mutiara

Bahan:
  • Sagu mutiara 200 gram
  • Kelapa muda 250 gram, diparut kasar
  • Gula pasir 100 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Vanilli 1/2 sendok teh
  • Daun pisang secukupnya
  • Air  1/2 liter

Cara Membuat Awug-Awug Sagu

  1. Pertama rebus air sampai mendidih lalu masukkan sagu mutiara dan masak lagi sampai matang.
  2. Setelah itu campurkan juga dengan kelapa muda, gula, vanili aduk rata.
  3. Kemudian siapkan daun pisang, dan masukkan sedikit adonan ke dalam daun pisang dan bungkus membentuk kerucut.
  4. Lalu kukus awug awug sagu ini selama kurang lebih 1/2 jam.
  5. Angkat dan sajikan awug awug sagu mutiara.

Coba juga resep jajanan tradisional dibawah ini:
Resep Madumongso
Resep Jetupat Janur Ketan
Resep Kue Jongkong

Cukup sederhana dan mudah kan bun untuk membuat awug awug sagu mutiaara ini?. Saya yakin dengan sekali membaca resep awug awug sagu mutiara ini pasti langsung paham dan bisa mempraktekkan di rumah segera. Hal yang harus diperhatikan untuk membuat awug awug sagu mutiara ini adalah cara pembungkusan adonan dengan daun pisang serta ditusuk dengan lidi, hal tersebut perlu dibutuhkan sedikit keahlian khusus, tapi saya yakin kalau bunda belajar pasti akan bisa membuatnya kok. Kalaupun bunda belum bisa membuatnya bungkusan tersebut tidak masalah kok bun, bentuk kurang maksimak tidak masalah yang penting rasanya maksimal.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Awug Awug Sagu Mutiara

0 komentar:

Posting Komentar