Resep Tumis Ikan Peda Jagung Manis

Resep Tumis Ikan Peda Jagung Manis - Tumis ikan merupakan makanan yang khas dari tanah jawa. Saya yakin pasti bunda dri rumah yang berasal dari tanah jawa entah itu dari Yogjakarta, Semarang, Cilacap, Madiun, dan daerah sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan menu masakan yang satu ini. Karena kuliner yang satu ini selalu mampir ke meja maka makan dan sudah siap untuk disantap dengan lahap. Nah... Berdasarkan cerita orang atau bercandaan orang sih katanya setiap kali ada orang yang merantau jauh ke luar pulau atau bahkan luar negeri sekalipun, hal yang paling di kangenin adalah masakan khas dari tersebut yakni ikan peda yang rasanya dominan asin dan gurih apalagi di padukan berbagai macam bumbu. Bikin setiap saja yang membayangkannya ngiler.
 
Resep Tumis Ikan Peda Jagung Manis

Ikan peda merupakan ikan yang telah mengalami banyak proses sebelum menjadi ikan peda. Ikan yang dijadikan bahan pembuatan ikan peda terdiri dari berbagai macam jenis ikan. Proses pembuatan awal ikan peda yaitu ikan-ikan yang sudah ditangkap oleh para nelayan, kemudian ikan tersebut  dibersihkan dari sisik ikan yang nemempel, kemudian kotoran dalam ikan dikeluarkan, lalu ikan tersebut dicuci sampai bersih dengan menggunakan air bersih dan mengalir. Langkah atau tahap kedua yaitu ikan diberi garam, lalu ditunggu sampai beberapa saat biar garamnya meresap ke dalam ikan. Langkah yang terakhir yaitu ikan yang telah diberi garam tersebut selanjutnya di keringkan secara alami dengan menggunakan bantuan sianr matahari. Nah itu bunda proses pembuatan ikan peda cukup panjang dan rumit ya bunda. Setelah mengetahui bagaimana proses pembuatan ikan peda, saya akan membagi resep tentang tumis ikan peda jagung manis. Simak cara membuat tumis ikan peda jagung manis.

Resep Tumis Ikan Peda Jagung Manis

Bahan:
  • Ikan peda 250 gram
  • Jagung manis 50 gram
  • Bawang merah 3 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Cabai keriting 3 buah
  • Cabai hijau 3 buah
  • Cabai rawit 2 buah
  • Tomat hijau 1 buah
  • Lengkuas 1 cm
  • Daun salam 2 lembar
  • Garam secukupnya
  • Jahe secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Pete secukupnya (sebagai taburan)

Caranya Membuat Tumis Ikan Peda Jagung Manis

  1. Rendam ikan peda dalam air hangat selama kurang lebih 15 menit.
  2. Cuci ikan peda sampai bersih menggunakan air yang mengalir, suwir-suwir daging peda dan hilangkan duri yang menempel
  3. Goreng ikan peda sampai bewarna keemasan kemudian angkat dan sisihkan
  4. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe dan lengkuas sampai tercium bau yang harum
  5. Masukkan semua cabai, jagung manis, tomat hijau, serta masukkan pula daun salam
  6. Tuang air sedikit, kemudian seasoning dengan garam dan gula secukupnya
  7. Masukkan ikan peda, aduk hingga rata kemudian tunggu sampai semua matang sempurna
  8. Plating dan sajikan
Baca juga artikel lain tentang resep tumis:

Ulala... Tumis ikan peda dengan paduan jagung manispun siap untuk dihidangkan. Bagi yang sudah tidak sabar mencoba kelezatan tumis ikan peda dengan jagung manis, segera praktekkan dan buktikan sendiri kelezatannya perpadudan antara ras asin dan gurih yang berasal dari ikan peda berpadu dengan rasa jagung yang manis dan terasa lebih pas jika disantap dengan tambahan nasi hangat atau nasi liwet, semakin terasa suasana kehangatan bersama keluarga. Satu informasi lagi yang penting untuk bunda di rumah ikan mengandung vitamin serta kaya akan zat besi. Buat bunda yang pengen anaknya tumbuh kembang dengan baik, ikan peda merupakan salah satu solusinya. Karena zat besi dapat meningkatkan dan menguatkan otot. Jadi tunggu apalagi bunda segera sajikan tumis ikan peda jagung manis ya... Selamat mencoba.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Tumis Ikan Peda Jagung Manis

0 komentar:

Posting Komentar