Resep Lupis Ketan Spesial

Resep Lupis Ketan Spesial - Lupis ketan merupakan salah satu makanan yang khas dari nusantara yang berasal dari jawa tengah. Kue ini memiliki rasa yang legit dan bertekstur lembut dengan rasa yang unik. Selain itu kue ini juga mempunyai bentuk yang unik yakni bentuknya segitiga dengan ditaburi kelapa parut yang telah dimasak terlebih dahulu kemudian disiram dengan air gula jawa yang sudah dilarutkan. Rasanya yang legit sangat mengigit saat merasakan kue tradisional ini, mulai dari anak-anak sampai orang tua sangat mengemari kuliner khas dari jawa ini. Untuk mendapatkan kue khas jawa ini tidaklah terlalu sulit, biasanya kue lupis ketan ini dijajalkan di warung-warung kuliner tsadisional ataupun pasar tradisional yang memang banyak menyajikan kuliner khas dari nusantara.

Resep Lupis Ketan Spesial

Bagi bunda yang ingin menikmati kue, namun tidak sedang melakukan perjalanan atau sedang wisata ke Jawa tengah, tenang saja kok bunda dapat membuat kue lupis ketan spesial ini di rumah. Apalagi pada saat membuatnya di temani dengan si kecil pastinya lebih seru kan bun? selain dapat memberi pendidikan kuliner dan mengenal macam-macam kuliner khas Indonesia, bunda juga dapat menambah tali hubungan antara ibu dengan anak secara intensif. Untuk pembuatan lupis ketan spesial ini juga memerlukan yang sulit, bunda juga dapat membelinya di pasar tradisional ataupun pasar swalayan yang dekat dengan rumah bunda. Untuk mengetahui secara lengkapnya silahkan simak dan praktekkan resep lupis ketan spesial khas Jawa tengah.

Resep Kue Lupis Ketan Spesial

Bahan:
  • 1/2 kg ketan putih
  • 1/2 sendok makan kapur sirih
  • 1/4 kelapa yang agak muda
  • 100 gram gula merah
  • 50 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat Kue Lupis Ketan Spesial

  1. Percikkan ketan  dengan air kapur sirih, kemudian aduk hingga rata
  2. Siapkan daun pisang sebagai pembungkus dengan cara mengisinya 3 sendok makan adonan, lipat sehingga membentu segitiga
  3. Sematkan lidi pada setiap ujungnya
  4. Rebus selama 1-2 jam
  5. Tunggu sampai dingin
  6. Buat urap kelapa dengan cara parut kelapa dan kukus selama 3 menit
  7. Buat kinca (sirup gula merah) dengan cara merebus gula merah dicampur dengan air dan daun pandan
  8. Saring kinca menggunakan saringan yang berongga kecil
Cari tahu tentang resep yang berkaitan dengan cara pembuatan kue tradisional, silahkan klik link di bawah ini:
Resep Kue Kipo Khas Yogjakarta
Resep Geplak Khas Bantul
Resep Kue Keju Kering Jagung

Nah demikian bunda cara pembuatan kue lupis ketan yang legit, tapi sebelumnya ada tips untuk daun pisang yang digunakan sebaiknya ukurannya agak lebar supaya adonan ketan dapat terbungkus dengan sempurna dan tidak memuai saat proses perebusan. Kue lupis ketan ini sangat cocok disajikan dengan ditemani secangkir kopi atau secangkir teh hangat sambil ngehabisin waktu bersama dengan keluarga atau sahabat-sahabat tercinta pada sore hari maupun saat pagi hari. Semoga resep kali dapat membantu menambah informasi dan pengetahuan bunda tentang kuliner yang terbaru dan khas dari nusantara. Selamat mencoba dan selalu sajikan makanan namun memiliki cita rasa yang tak kalah dengan masakan restoran.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Lupis Ketan Spesial

0 komentar:

Posting Komentar