Resep Kue Kipo Spesial Khas Yogjakarta

Resep Kue Kipo Spesial Khas Yogjakarta - Hai bunda...? Kali ini saya akan menghadirkan cara membuat kue kipo spesial khas Yogjakarta. Seperti namanya kue ini memang berasal dari Yogjakarta, dan juga sudah menjadi ikon jajanan atau oleh- oleh dari Yogjakarta selain gudeg dan geplak. Kue kipo ini banyak dijajalkan di pusat oleh-oleh khas Yogjakarta atuapun pasar tradisional di Yogja. Biasanya kue kipo ini terbuat dari bahan dasar ketan, gula, dan kelapa, serta mempunyai rasa yang legit dan gurih yang berasal dari kelapa. Sebenarnya bahan cara pembuatan kue kipo dengan geplak tidak jauh beda, cuma hal yang membedakan adalah bentuknya. Kalau geplak berbentuk bulat tidak sempurna sedangkan kue kipo ini tidak.

Resep Kue Kipo Spesial Khas Yogjakarta

Bagi bunda yang penasaran tentang bagaimana proses pembuatan kue kipo silahkan untuk membaca artikel ini secara lengkap. Namun sebelumnya saya akan memberi tahu sedikit info tentang kue kipo. Kue kipo merupakan kue khas dari Yogjakarta tepatnya di Kotagede. Asal usul nama dari kipo sebenarnya adalah "iki opo" dalam bahasa jawa dan memilik arti "ini apa" dalam bahasa indonesia. Mungkin untuk memudahkan dalam pengucapannya ya jadi disingkat saja menjadai kipo. Cukup lucu ya bunda namanya. Namun tak hanya dari segi namnya saja yang lucu bentuk dan juga rasa dari kue kipo ini juga unik. Bagi bunda yang tertarik untuk membuat kue kipo spesial ini, silahkan untuk membaca dan juga mempraktekkan resep kue kipo spesial khas Yogjakarta.

Resep Kue Kipo Spesial Khas Yogjakarta

Bahan:
  • 50 ml air daun pandan (pasta makan bewarna hijau)
  • 300 ml santan
  • 500 gram tepung ketan

Bahan untuk isi kue kipo :
  • 3 lembar daun pandan segar
  • 100 ml air
  • 200 gram gula merah yang telah disisir
  • 300 gram kelapa muda
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Kipo Spesial Khas Yogjakarta

  1. Campurkan tepung ketan dan santan yang telah dimasak sedikit demi sedikit
  2. Tambahkan air daun pandan sebagai pewarna sampai tercampur rata
  3. Untu membuat isian, campur air, gula, dan daun pandan kemudian masak sampai mendidih
  4. Masukkan kelapa pyang telah diparut dan garam, aduk sampai rata
  5. Cetak adonan dan isi kue kipo  dengan cara pipihkan adonan lalu beri isi kue kemudian bungkus kembali sampai menutupi isi kue
  6. Masak kue dengan cara panaskan wajan yang sudah diberi alas daun pisang
  7. Letakkan adonan yang sudah jadi, kemudian tekan secara perlahan sampai matang
Pengen tahu resep tradisional yang kalah nikmatnya, silahkan klik link di bawah ini:

Hmmmmm... Yummy... kue kipo spesial khas Yogja suda sisap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. Tapi sebelumnya bunda menghidangkan kue kipo ini jangan lupa untuk plating agar tampilan kue menjadi lebih menarik dan menggugah selera siapapun yang melihatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah informasi tentang menu kuliner yang baru dan unik dalam dunia masak. Selamat mencoba dan selalu sajikan makanan yang berkualitas dan sehat untuk keluarga tercinta. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Kipo Spesial Khas Yogjakarta

0 komentar:

Posting Komentar