Resep Botok Teri Khas Jawa

Resep Botok Teri Khas Jawa - Negara kita tercinta ini memang memiliki banyak berbagai macam kebudayaan, namun hal tersebut yang menjadikan negara Indonesia kaya akan beranekaragamnya kebudayaan asli tiap daerah, tidak terkecuali dengan kuliner yang khas dari setiap daerah misalnya daerah Jakarta yang sangat terkenal dengan kerak telor, kota Makassar yang terkenal dengan masakan khasnya yaitu coto makassar. Nah kali yang akan saya bahas pada artikel ini adalah salah satu makanan khas dari Jawa tengah dan sekitarnya yaitu menu kuliner botok. Sedikit informasi botok merupakan olahan dari parutan kelapa yang dicampur dengan berbagai macam sayuran ataupun daging serta ditambah juga dengan bumbu kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Resep Botok Teri Khas Jawa

Botok yang akan saya bahas disini adalah botok yang berasal seafood (teri) yang dipadukan dengan berbagai macam sayuran segar. Pasti bunda sudah tahu kan apa itu teri? kalau yang belum tahu saya akan sedikit mengulasan tentang teri. Teri adalah kumpulan dari ikan-ikan kecil yang telah diberi garam dan dikeringkan dengan menggunakan bantuan sinar matahari langsung, ikan kecil yang telah dikeringkan tersebut yang dinamakan teri. Untuk mendapatkan teri ini sangat gampang, umumnya bunda dapat dengan mudah menemukan teri di pasar tradisional, jadi untuk bunda yang sedang membutuhkan atau ingin mempraktekkan menu kuliner ini sebaiknya mencari di pasar tradisional saja, selain banyak pilihan teri harga yang ditawarkan juga relatif murah dan terjangkau dibanding dengan harus membeli di swalayan terkenal. Selengkapnya ulasan tentang botok teri silahkan simak penjelasan daya di bawah ini.

Resep Botok Teri

Bahan:
  • 2 bungkus tempe ukuran sedang
  • 2 gelas kelapa parut
  • 2 gelas santan kental hangat
  • 2 bungkus teri
  • 6 lembar daun jeruk
  • Daun pisang ( sebagai pembungkus)

Bumbu:
  • 6 siung bawang putih
  • 2 ruas kencur
  • 6 buah cabai merah besar
  • Garam secukupnya
  • Trasi secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Memasak Botok Teri

  1. Rendam kelapa yang sudah di parur dengan santan hangat kurang lebih 10 menit
  2. Campurkan kelapa dengan bumbu halus, irisan daun jeruk, aduk sampai rata
  3. Tambahkan adonan tersebut dengan tempe dan teri
  4. Bungkus adonan tersebut sebanyak 2 sendok makan adonan tersebut dengan daun pisang kemudian tusuk ujungnya dengan lidi
  5. Kukus botok tersebut kurang lebih 40 menit
  6. Angkat sajikan
Cari tahu juga tentang resep tradisional lainnya yang tak kalah lezat, dengan cara klik link di bawah ini:

Begitulah bunda cara untuk membuat botok teri khas Jawa tengah dan sekitarnya. Sekarang bunda sudah tidak penasara lagi kan tentang bagaimana cara untuk membuat botok teri. Botok teri yang sangat khas ini cocok untuk dihidangkan dengan nasi liwet hangat dan akan menambah suasana khas pedesaan, dan menu kuliner cocok untuk disajikan bersama-sama dengan keluarga tercinta di rumah sambil tertawa ceria dan menikmati waktu luang. Dan selalu saya ingatkan buat bunda untuk selalu memilih bahan-bahan yang berkualitas serta pilihlah bahan organik dalam mamasak berbagai macam menu. Semoga postingan ini dapat menambah pengetahuan bunda tentang dunia kuliner. Selamat mencoba dan selalu sajikan masakan rumahan namun memiliki cita rasa yang tinggi.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Botok Teri Khas Jawa

0 komentar:

Posting Komentar