Resep Sop Iga Sapi Sedap

Resep sop Iga Sapi adalah salah satu kuliner nusantara yang bahan pokoknya adalah iga sapi. Sop iga sapi ini diolah menjadi sop seperti layaknya kita memasak sayur sop biasa. Namun mungkin ada bahan yang lain yang harus ditambahkan. Jika anda enggan untuk menyantapnya dengan nasi, Sop Iga Sapi juga bisa dinikmati tanpa nasi dan rasanya pun tetap menggugah selera kita. Apalagi bila Sop Iga Sapi ini disantap ketika masih hangat, saya jamin pasti anda akan tertarik untuk membuatnya lagi. Membuat Sop Iga Sapi tidak memerlukan bahan yang sulit didapatkan di sekeliling kita dan juga cara pembuatannya yang simple.

Sop Iga Sapi

Resep Sop Iga Sapi

Sop Iga Sapi banyak disukai oleh kalangan orang tua karena rasanya yang enak. Namun, tidak hanya menekankan pada kalangan orang tua, banyak anak muda pun yang juga ingin mencicipinya. Tapi perlu diketahui juga karena bahan dasar dari resep sop iga sapi itu sendiri adalah iga, dan seperti yang telah kita ketahui bahwa bahan tersebut mengandung kolesterol dengan kadar sedang. Berbeda dengan resep pindang ikan patin yang berasal dari laut, cenderung tanpa kerugian jika menyantapnya.

Kita perlu berhati-hati dalam mengkonsumsinya, namun bukan berarti juga harus meninggalkannya secara permanen. Ada solusi yang ditawarkan setelah memakan Sop Iga Sapi. Misalnya dengan memakan kacang-kacangan setelah anda menikmati Sop Iga Sapi, karena kacang-kacangan juga dapat menurunkan kolesterol baik yang masih utuh ataupun yang sudah diolah menjadi masakan. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk mencoba memasaknya di rumah. Padukan juga dengan ikan agar kolestrol tidak melonjat drastis seperti membuat resep pepes bandeng dan resep cah kangkung

Resep Sop Iga Sapi

Bahan:
  • Daun Bawang 6 helai, dicincang
  • Kentang kecil 8 buah, dipotong kotak-kotak
  • Wortel 4 buah, potong mebulat agak tebal
    Garam, secukupnya
  • Kaldu blok 4 butir
    Pala 1/2 bagian, dimemarkan
  • Kapulaga 8 butir
  • Pekak 4 buah
  • Kayu Manis 6 cm
  • Jahe 6 cm, dimemarkan
  • Bawang Merah 10 buah
  • Bawang Putih 16 Buah

Cara Membuat Sop Iga Sapi

Siapkan panci yang sudah diisi air dengan api yang besar lalu masukkan tulang iga, rebus sekitar dua jam agar tulang iga menjadi empuk. Setelah itu masukkan kalddu, pala, kapulaga, pekak, kayu manis, dan jahe ke dalam rebusan kemudian tunggu sampai 60 menit agar daging empuk merata. Sementara menunggu daging empuk, tumbuk halus bawang merah dan bawang putih lalu tumis hingga baunya harum. Setelah itu masukkan kentang dan wortel yang sudah dipotong ke dalam tumisan hingga matang. Selanjutnya kentang dan wortel dimasukkan ke dalam rebusan tulang iga sapi dan tunggu sampai 15 menit. Ketika sudah matang angkat dan sajikan.

Dari resep diatas sudah barang tentu mudah bukan dalam membuat Sop Iga Sapi? Tinggal anda langsung belanja bahan-bahan yang dibutuhkan dan segera ke dapur untuk memasaknya. Bagi anda yang suka pedas juga bisa mengkombinasikan Sop Iga Sapi dengan sambal kecap agar terasa lebih mantap dan melekat di mulut. Ketika belanja usahakan anda memilih tulang iga sapi yang masih bagus dan juga tidak berbau begitu menyengat. Dalam memasak juga penting untuk memperhatikan kebersihannya karena itu yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh anda dan keluarga. Atau mungkin ketika anda belom sempat untuk memasang tulang iga tersebut, anda bisa menyimpannya di freezer terlebih dahulu. Agar awet dan bisa membunuh bakteri yang ada karena suhu freezer yang tinggi.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sop Iga Sapi Sedap

0 komentar:

Posting Komentar