Resep Sop Buntut Enak

Sop Buntut bisa menjadi salah satu pilihan jika anda sekalian sedang bosan dengan jenis masakan yang bersantan atau tumis-tumis. Kuah sop yang bening enak untuk disruput ketika masih dalam kedaan hangat. Resep Sop Buntut Enak bisa dinikmati dengan atau atau tanpa nasi sesuai dengan selera anda. Kuahnya yang segar serta dipadukan dengan buntut sapi akan terasa labih melekat di mulut anda. Serta aneka macam sayuran yang ikut menambah nikmatnya jenis masakan ini. Tak lupa juga ada penambahan rempah-rempah, sangat baik untuk menghangatkan badan disaat musim penghujan.

 Sop Buntut

Resep Sop Buntut

Anda bisa coba mencoba membuatnya sendiri di rumah untuk menu makan malam ketika keluarga sedang berada di rumah semua. Rasa penat anda ketika bekerja seharian di luar akan hilang dengan menyruput nikmatnya sop buntut. Dalam membuat sop buntut kita tidak memerlukan bahan yang sulit untuk di dapatkan. Hanya saja dalam memilih buntut sapi itu sendiri usahakan yang masih segar. Utamakan kebersihan dan kualitasnya ketika membeli. Begitupun sama untuk memebeli sayuran.

Selain rasa yang nikmat sop buntut juga menu yang sangat simple untuk dibuat. Tidak memerlukan waktu yang lama jika anda sedang terburu-buru untuk melakukan aktifitas yang lainnya. Resep sop ini bisa dikatakan sama jenisnya dengan Resep Sop Iga Sapi, hanya saja bahannya memakai iga dan sop buntut menggunakan buntut/ekor sapi.  Disini nanti akan sedikit dipaparkan mengenai bagaimana membuat sop buntut yang mudah dan enak. Jadi anda tak perlu khawatir dan bingung bagaimana membuatnya. Serta tak perlu repot lagi ketika anak-anak dan suami ingin menikmati sop buntut.

Resep Sop Buntut

Bahan:
  • Ekor/Buntut Sapi 3 kg
  • Daun Seledri 2 ikat, dipotong
  • Wortel 4 buah, dipotong persegi
  • Kentang 4 buah, dipotong persegi
  • Tomat 4 buah, dibelah ebberapa bagian sesuai selera
  • Air, secukupnya
  • Bawang Merah 16 buah, dicincang halus
  • Bawang Putih 8 buah, dicincang halus
  • Pala 3 buah
  • Merica Bubuk 5 sendok teh
  • Garam, secukupnya
  • Gula dan Micin, secukupnya

Cara Membuat Sop Buntut

Bersihkan buntut sapi dengan air besih, kemudian potong-potong ukuran sesuai selera, lalau tiriskan. Siapkan panci untuk merebus air secukupnya sampai mendidih, saat air sudah mendidih masukkan buntut sapi ke dalam rebusan diamkan selama 45 menit atau sampai setengah matang. Selanjutnya masukkan sayuran seperti wortel,kentang, tomat, serta masukkan bahan yang lainnya. Jangan lupa tambahkan garam, gula, dan merica bubuk secukupnya sampai rasa kuahnya pas. Tunggu beberapa saat sampai bumbu merasuk ke dalam buntut sapi. Setelah itu masukkan daun seledri kemudian diaduk dan tunggu smapai sop matang. Ketika sop buntut matang angkat panci lalu tuang sedikit demi sedikit ke dalam mangkok. Sop buntut siap untuk dihidangkan.

Ternyata nggak seribet yang anda pikirkan kan untuk membuat semangkok sop buntut. Anda bisa langsung mencobanya di rumah. Bagi anda yag tidak bisa meninggalkan sambal, anda juga bisa menikmati sop buntut dengan sambal buatan anda sesuai selera. Selain resep sop buntut nikmat, bagian dari sapi juga banyak yang bermanfaat bagi tubuh kita. Jadi anda tak perlu khawatir untuk terserang berbagai macam penyakit. Alangkah lebih baiknya jika dalam mengolah dicuci bersih terlebih dahulu, untuk menghindari bakteri yang menempel dalam buntut sapi. Jika mendambakan kesehatan keluarga coba saja Resep Sayur Lodeh. Selamat mencoba sista.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sop Buntut Enak

0 komentar:

Posting Komentar