Resep Sate Ayam Empuk Enak

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberi ulasan mengenai cara membuat sate ayam. Kita akan berjumpa lagi dengan jenis bahan daging ayam. Jika kemarin kita mengolah daging ayam menjadi beberapa menu masakan yang nikmat, maka tidak berbeda jauh dengan Resep Sate Ayam Empuk Enak. Dalam mengolah resep sate ayam ini juga nggak memerlukan keahlian khusus kok, hanya saja anda perlu memperhatikan ketika membakar sate agar tidak terlalu mentah namun juga tidak sampe gosong. Sehingga daging sate ayam yang akan anda nikmati akan pas ketika disantap. Bagi anda penggemar sate akan menemukan suatu citarasa yang baru selain sate kambing. Sama halnya seperti sate kambing sate ayam juga cocok dinikmati dengan sepiring nasi yang hangat.

Resep Sate Ayam

Cara membuat sate ayam nggak sulit kok bunda, bahannya juga semuanya mudah untuk didapatkan. Tentunya caranya nggak jauh beda dengan Resep Sate Kambing seperti penjelesan dalam resep sate kambing kemarin, hanya saja mungkin bahan yang diperlukan agak sedikit berbeda. Nah, oleh karena itu ada sedikit tips buat bunda dalam membakar sate agar dagingnya empuk dan pas ketika disantap.

Tips pertama adalah dalam memotong daging ayam, usahakan dalam memotong daging ayam jangan terlalu tebal atau terlalu tipis ya. Karena jika anda memotongnya terlalu tipis maka daging akan menjadi keras ketika sudah dingin. Begitu pula jika terlalu tebal maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk membakarnya agar matang, padahal semakin lama memanggang daging maka daging biasanya akan semakin mengeras. Beda dengan sate bakso, yang perlu diperhatikan adalah tingkat kekenyalannya, jika pengen mencobanya silahkan kunjungi Resep Bakso Bakar.

Resep Sate Ayam

Bahan:
  • Daging Ayam 2 kg, potong dadu
  • Jeruk Limau 4 buah
  • Kecap Manis 300 ml
  • Tusuk sate secukupnya
Bahan bumbu kacang:
  • Bawang Putih 8 siung
  • Kecap Manis 200 ml
  • Cabe Merah 4 buah
  • Kacang Tanah 500 gram, digoreng
  • Bawang Merah 10 siung
  • Daun Jeruk 4 lembar
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sate Ayam

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tusuk daging ayam yang sudah dipotong dadu tadi dengan tusuk sate. Setiap tusuk diisi sekitar 5 smapai 6 potong daging. Sebelum dibakar, sate diolesi dengan kecap semuanya sampai rata. Setelah itu siapkan panggangannya, lalu letakkan diatas bara api yang kecil setelah semua sate diolesi kecap. Jangan lupa rajin membolak balik sate agar tidak sampai gosong. Ketika sate sudah agak matang kemudian olesi lagi dengan kecap lalu bakar kembali sampai matang. Ketika sate sudah matang angkat kemudian sajikan dengan bumbu kecap yang sudah dibuat tadi.

Bumbu Sate Ayam:
Tumbuk halus bahan-bahan seperti bawang merah, garam, kacang tanah, bawang putih, serta cabe merah. Setelah itu juga tambahkan kecap, daun jeruk, dan juga air. Masak semua bahan yang sudah dicampur sampai matang dan keluar minyaknya.

Nggak sulit kan untuk membuat resep sate ayam ini? caranya hampir sama dengan membuat sate kambing, hanya saja perbedaannya terletak pada bumbu yang digunakan. Sate kambing menggunakan bumbu kecap sedangkan sate ayam menggunakan bumbu kacang. Namun tidak ada salahnya juga bagi anda yang tidak menyukai bumbu kacang dalam menikmati sate ayam  bisa juga menggunakan bumbu kecap yang sama dengan sate kambing. Rasanya juga nggak kalah nikmat kok. Sudah sedikit dikasih bocoran kan mengenai bagaimana cara membakar sate agar empuk? jadi langsung aja yuuk dipraktekkin di rumah biar langsung bisa cuuss menyantapnya..

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sate Ayam Empuk Enak

0 komentar:

Posting Komentar