Resep Sambal Goreng Ati Ampela Kentang

Bagi anda pecinta sambal pasti tidak asing lagi mendengar sambal goreng ati. Resep Sambal Goreng Ati Ampela Kentang sebagai salah satu resep dan menu yang disajikan bersama dengan nasi di seluruh penjuru nusantara. Sambal goreng ati merupakan ati yang dibuat sambal goreng serta dipadukan dengan bahan lainnya, biasa yang sering kita jumpai dipadukan dengan kentang. Ati ampela yang dibuat sambal goreng ini bebas, bisa ati ayam atau ati sapi. Semuanya tak kalah nikmatnya, apalagi dipadukan dengan bumbu sambal yang nikmat dari abhan rempah-rempah pilihan. Namun jika menginginkan Resep Sambal Goreng Ati di tambah ampela tentunya hanya bisa memakai yang ayam. Biasanya warung makan diluaran sana juga menyediakan sambal goreng ati ini sebagai slaah satu menunya, namun jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah pun bisa.

Sambal Goreng Ati

Resep Sambal Goreng Ati

Salah satunya keunggulan hati ayam mengandung zat besi yang cukup tinggi, nah zat besi ini didalam tubuh berperan sebagai pembentukan sel darah merah, jadi cocok dikonsumsi namun di usahakan jangan berlebihan. Selain itu hati sapi ini juga mengandung vitamin A, B12, dan vitamin C. Serta yang lenih penting hati sapi ini mengandung zat kolin yang berperan penting untuk perkembangan fungsi otak. jangan lupa besoknya dipadukan dengan daging ataupun lauk sayur. Untuk resep dagingnya bisa mencoba di Resep Gulai Kambing dan untuk sayuran lihat di Resep Sayur Tumis Buncis.

Cara membuat sambal goreng ati juga nggak terlalu sulit dan bahan yang digunakan untuk membuat juga sederhana bisa didapatkan di pasar. Selain rasanya yang nikmat jika diolah menjadi sambal goreng, ati sapi juga mengandung beberapa manfaat bagi tubuh jika dikonusumsi. Nah, banyak kan manfaat dari hati ayam itu sendiri, tunggu apalagi? Langsung aja yuuk coba membuatnya di dapur. Namun tunggu dulu, bagi anda yang bosan makan sambal goreng ati dengan nasi, sekali-kali bolehlah dimakan dengan nasi uduk, untuk resepnya silahkan lihat di Resep Nasi Uduk.

Resep Sambal Goreng Ati

Bahan Utama:
  • Ati dan Ampela Ayam 500 gram, dipotong sesuai selera, goreng dahulu
  • Udang Besar 500 gram, dikupas dan direndam air jeruk nipis kemudian digoreng
  • Kentang 2 kg, dikupas dan potong dadu, lalu goreng
  • Santan 400 cc
  • Garam, secukupnya
  • Gula Merah 2 sendok makan
  • Minyak Goreng secukupnya
Bumbu:
  • Cabe merah 500 gram, potong miring
  • Bwang Merah 30 butir, cincang halus
  • Bawang Putih 10 siung, cincang halus
  • Tomat Merah 2 buah, potong miring
  • Daun Salam 6 lembar
  • Daun Jeruk 10 lembar
  • Laos 8 potong
  • Jahe 4 potong

Cara Membuat Sambal Goreng Ati

Lnagkah pertama panaskan minyak goreng dalm wajan, kemudian tumis bumbu seperti bawang merah dan bawang putih hingga aromanya harum dan berwarna kenkuningan. Setelah itu tambahkan juga cabe merah, tomat, laos, jahe dan juga daun salam. Tumis hingga baunya semua harum, kemudian masukkan ati sapi, udang, daun jeruk, gula, garam dan yang terakhir santan. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Dan tunggu beberapa menit agar agak matang dan bumbu meresap. Lalu masukkan kentang yang dipotng dadu tadi, aduk kembali smapai semuanya rata. Tutup terlebih dahulu agar semua bahan matang, ketika santan sudah agak menyusut matikan api dan angkat kemudian sajikan.

Resep Sambal Goreng Ati Ampela Kentang siap untuk dihidangkan bun.. mudah kan cara buat Resep Sambal Goreng Ati? bahannya juga sederhana banget kok.. bunda bisa langsung cuus ke pasar dan belanja bahannya langsung ke dapur dan diolah. Tapi ada sedikit hal yang harus diperhatikan ketika memilih daging ayam ketika sedang membeli di pasar. Karena jika anda tidak jeli ketika memilih biasanya ada hati yang didalamnya terdapat cacing hati yang nantinya jika dikonsumsi akan membahayakan kesehatan anda. Pilihlah hati yang masih dalam kedaan segar, tidak berwarna abu-abu, dan harus mencucinya berulang kali sampai bersih dan dalam merebusnya harus sampai matang sebelum diolah.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Sambal Goreng Ati Ampela Kentang

0 komentar:

Posting Komentar