Resep Gulai Kambing Kental Empuk

Kali ini kita akan berjumpa lagi dengan daging kambing beserta dengan tulangnya yang akan diolah menjadi semangkok gulai kambing yang nikmat. Ya, mungkin anda biasa menyebutnya gulai kambing. Resep gulai kambing merupakan menu masakan yang berbahan dasar daging kambing beserta tulangnya yang diolah menjadi sayur santan yang agak encer. Kurang afdol rasanya jika kita menikmati sate kambing dengan sepiring nasi tanpa ditemani oleh semangkok gulai kambing ini. Jika anda biasa menjumpai gulai kambing di warung-warung atau restaurant yang menyediakan menu masakan sate kambing dan gulai, kali ini anda tak perlu repot-repot keluar rumah lagi untuk menikmatinya karena anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Gulai Kambing

Resep Gulai Kambing

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat gulai kambing ini berasal dari rempah-rempah yang akan menambah nikmatnya gulai kambing buatan anda. Bahan yang diperlukan nggak sulit untuk didapatkan kok. Anda bisa menemukannya di pasar-pasar terdekat maupun pedagang sayur. Kalau belinya banyak ada solusinya bun yaitu di buat tongseng, silahkan tengok resepnya di Resep Tongseng Kambing Empuk.

Oh ya bunda, biasanya daging kambing identik dengan baunya yang tidak sedap ketika diolah dan bisa membuat selera makan anda dan keluarga berkurang. Jadi usahakan jangan sampai hal tersebut terjadi. Bunda bisa mengantisipasinya dengan menambahkan daun jeruk nipis ketika mengolah gulai atau sebelumnya daging kambing beserta tulangnya yang akan diolah direndam dengan air perasan jeruk nipis.  Yuuk langsung aja disimak gimana cara membuatnya.

Resep Gulai Kambing

Bahan:
Daging Kambing dengan tulang 800 gram, dipotong sesuai selera
  • Santan Kental 800 ml
  • Santan Encer 1,5 liter
  • Pala Bubuk 1 sendok teh
  • Cengkeh 4 butir
  • Kayu Manis 4 cm
  • Kapulaga 4 buah
  • Minyak Goreng secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
  • Bawang Merah 10 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Jahe 4 cm
  • Kunyit 6 cm
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Gulai Kambing

Pertama siapkan wajan untuk menumis bumbu yang sudah dihauskan, tumis hingga baunya harum. Masukkan juga cengkeh, pala, kayu manis, serta kapulaga aduk trus sampai semuanya tercampur rata. Lalu masukkan daging kambing dan aduk kembali hingga berubah warnanya. Setelah itu tuang santan encer dan diamkan beberapa saat sampai daging kambing menjadi lunak. Selanjutnya tambahkan santan kental dan tunggu beberapa saat agar bumbu meresap ke daging. Setelah matang dan pastikan daging sudah empuk angkat kemudian sajikan.

Mudah kan cara membuatnya bunda? nggak ada yang sulit dari penjelasan diatas. Bunda juga bisa menambahkan berbagai macam sayuran sebagai hiasan agar tampak lebih cantik seperti tomat merah yang besar dan dibelah menjadi beberapa bagian. Tak perlu diragukan lagi gulai kambing buatan bunda dengan resep diatas, pasti nikmat banget. Yuukk bunda langsung dipraktekkin aja di dapur biar nggak penasaran lagi. Sampai jumpa degan resep menu daging masakan lainnya, yuk dilihat di Resep Rendang Daging Empuk Kental.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Gulai Kambing Kental Empuk

0 komentar:

Posting Komentar