Resep Cara Membuat Kerupuk Gendar dari Nasi

Resep Cara Membuat Kerupuk Gendar dari Nasi - Bunda pernah jalan-jalan ke kota Semarang ataupun daerah sekitarnya?, kalau pernah pasti bunda sudah pernah mencicipi yang namanya kerupuk gendar dari nasi. Malahan bisa dibuat kalau ada nasi yang sisa. Wah kalau belum nyobain kerupuk gendar ya belum bisa dikatakan wisata kuliner di Semarang bun. Tapi banyak juga kok bun kerupuk gendar di temukan di daerah sekitar Semarang misalnya Kudus, Demak, Jepara dan lain-lain. Untuk mendapatkan kerupuk gendar ini  mungkin bunda memerlukan sedikit perjuangan, karena tidak mungkin bisa menemukan kerupuk gendar ini di daerah kota. So bunda harus hunting dulu ke pedesaan sambil menikmati suasana asri pepohonan. Hmmm seru ya bun...

Resep Kerupuk Gendar

Kalau saya boleh sedikit bercerita. Kerupuk gendar ini sudah ada sejak zaman nenek saya lahir lho bun (katanya), wow banget nggak tuh bun, semacam kuliner sejarah gitu. Kalau di daerah saya sering menyebut kerupuk gendar sebagai "kerupuk puli". Lucu ya bun namanya. Tapi untuk membuat kerupuk gendar ini tidak bisa langsung jadi bun, harus diperlukan sedikit kesabaran untuk menikmati kerupuk gendar ini. Sebenarnya proses pembuatan kerupuk gendar ini cukup sederhana dan mudah kok bun. Hanya saja dibutuhkan waktu untuk pengeringan yang memerlukan waktu yang cukup lama.

Resep Kerupuk Gendar

Bahan:
  • 1/2 kilogram nasi putih
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1/2 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Gendar

  1. Haluskan bawang putih, merica, dan garam.
  2. Setelah itu tumbuk nasi dan campur dengan bumbu halus.
  3. Lalu bulatkan adonan, dan iris tipis.
  4. Susun di atas nampan dan keringkan dengan manual, atau bisa juga menggunakan oven.
  5. Setelah itu goreng kerupuk gendar sampai mengembang.

Tuh kan bunda gampang banget untuk membuat kerupuk gendar ini. Daripada bunda harus jauh-jauh pergi ke Semarang untuk menikmati kerupuk gendar. Tidakk ada salahnya kan bunda membuat kerupuk gendar ini di rumah. Buat warga asli Semarang yang merantau ke luar kota juga sangat saya rekomendasikan bun, lumayan bisa bernostalgia dengan kampung halaman. Kerupuk gendar ini sangat pas untuk di jadikan teman makan Soto Kudus yang bercita rasa gurih dan segar dan juga Garang Asem Ayam Khas Kudus. Ayok bunda silahkan di coba.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Kerupuk Gendar dari Nasi

0 komentar:

Posting Komentar