Resep Cara Membuat Otak Otak Tahu Bungkus Daun Pisang

Resep Cara Membuat Otak Otak Tahu Bungkus Daun Pisang - Otak otak tahu merupakan sajian menu yang khas dari jawa tengah. Awalnya saya menemukan resep otak otak tahu ini ketika saya baca baca buku yang khusus membahas tentang resep makanan asli dari jawa, dan akhirnyapun saya mendapatkan resep yang unik dan menarik saya untuk membaca sekaligus memahaminya. Awalnya saya berfikiran apakah iya bisa otak otak dibuat dari tahu, sedangkan yang kita semua tahu otak otak biasanya terbuat dari ikan laut. Tapi hal itulah yang akhirnya menantang saya untuk mencoba langsung sekaligus mempraktekkan otak otak tahu.

Resep Otak Otak Tahu

Pertama kali saya coba untuk memberikan terlebih dahulu kepada anak saya yang masih kecil, dan ternyata dia suka, singkat cerita sayapun akhirnya mencicipi otak otak tahu tersebut. Dan luar biasa rasanya diluar dari dugaan saya sebelumnya bun. Rasa yang muncul dari otak otak tahu ini sekilas sama dengan rasa otak otak lainnya yang terbuat dari daging ikan laut. Rasa dari otak otak tahu ini dominan gurih karena menggunakan bahan santan kelapa yang kental, serta agak sedikit kental yang berasal dari tepung kanji. Bunda langsung cobain saja deh otak otak tahu ini pasti akan mengira bahwa bahan yang digunakan tidak berasal dari tahu.

Resep Otak Otak Tahu

Bahan:
  • 4 buah tahu
  • 2 sendok makan tepung kanji
  • 1 sendok makan santan kental
  • 1 butir telur ayam
  • Daun pisang secukupnya
Bumbu halus:
  • 1 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 batang daun bawang
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Otak Otak Tahu

  1. Pertama hancurkan sampai lembut tahu kemudian campurkan dengan bumbu halus.
  2. Tambahkan juga tepung kanji, santan kental, dan telur ayam. Aduk sampai benar rata.
  3. Siapkan satu lembar daun pisang dan ambil 2 sendok makan adonan otak otak tahu, lalu tusuk ujungnya dengan tusuk gigi. Lakukan sampai adonan habis.
  4. Panggang otak otak tahu ini dengan api kecil, bolak balik hingga otak otak matang dengan baik.
  5. Angkat dan sajikan otak otak tahu ini.
Selanjutnya langkah yang terakhir adalah menyajikan otak otak tahu ini bersama dengan keluarga tercinta. Dan jangan lupa kalau bunda ingin penyajian yang lebih garnice lah otak otak tahu ini semenarik mungkin, dengan cara menambahkan saus kecap atau saus sambal dengan mangkuk kecil di samping otak otak tahu ini, serta menggunakan daun parsley di piring saji agar tampilan dari otak otak tahu ini lebih menggoda. Lihat juga resep yang bahan dasarnya adalah tahu yaitu Resep Pepes Tahu Petai Cina, Resep Tahu Bakso Goreng, dan Kripik Tahu Renyah  Selamat mencoba dan menikmati otak otak tahu ini.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Otak Otak Tahu Bungkus Daun Pisang

0 komentar:

Posting Komentar