Resep Pepes Tahu Petai Cina

Resep Pepes Tahu Petai Cina  - Sebagian besar bunda pasti sudah tidak asing lagi mendengar resep pepes tahu. Hampir semua di daerah yang tersebar di seluruh Indonesia terdapat pepes tahu ini. Khususnya untuk daerah Jawa tengah, terlebih lagi kota tempat kelahiran saya yaitu Kudus. Nggak asing banget deh dengan yang namanya pepes tahu ini. Tapi sedihnya sekarang ini pepes tahu ini, nggak disukai oleh anak muda. Dibilangnya makanan kampung padahal kalau tahu kandungan gizi yang terdapat dalam pepes tahu petai cina , pasti nggak bakalan nolak lagi kalau makan pepes tahu petai cina.

Resep Pepes Tahu Petai Cina

Pepes tahu ini mungkin agak asing bagi sebagian bunda yang berasal dari Jawa barat. Sedikit info tentang pepes tahu ya bun. Pepes adalah olahan dari bahan tahu yang dihancurkan, kemudian dipadukan dengan berbagai macam bumbu, lalu di bungkus dengan daun pisang, sehingga memiliki harum yang sangat alami dan khas. Proses pembuatan pepes tahu petai cina ini sama halnya dengan pembuatan Pepes Tahu Kemangi Sedap. Proses memasak pepes tahu petai cina  adalah di kukus dengan api sedang. Karena kalau menggunakan api yang besar tingkat kematangan dari pepes tahu ini tidak akan merata. Bahan utama yang diperlukan untuk membuat pepes tahu ini adalah tentunya tahu putih.

Resep Pepes Tahu Petai Cina

Bahan:
  • 5 buah tahu (haluskan)
  • 2 siung cabe merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 50 gram petai cina
  • Ketumbar halus secukupnya
  • Merica halus secukupnya
  • 1 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat Pepes Tahu Petai Cina

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, cabai, dan campurkan dengan bumbu bumbu yang lain.
  2. Tambahkan dengan tahu halus, telur, petai cina, aduk sampai rata.
  3. Masukkan adonan ke dalam daun pisang dan bentuk pepesan.
  4. Kukus pepes tahu petai cina selama 15 menit.
  5. Angkat dan hidangkan.
Sekarang bunda nggak penasaran lagi kan dengan cara pembuatan pepes tahu petai cina ini?. Cara pembuatan pepes tahu petai cina  ini juga sangat sederhana sekali bun, jadi buat bunda yang baru belajar memasak bisa langsung mempratekkan resep cara pembuatan pepes tahu petai cina  ini untuk keluarga bunda tercinta. Selain itu kalau bunda yang  suka dengan daun kemangi bisa juga menambahkannya kok bun atau dengan teri ataupun udang kecil sesuai dengan selera bunda saja. Gimana bunda tertarik untuk mencoba resep pepes  tahu petai cina? silahkan mencoba bunda...

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Pepes Tahu Petai Cina

0 komentar:

Posting Komentar