Resep Sate Ikan

Resep Sate Ikan - Pagi bunda dan ladies di rumah. Sebelum saya membagikan resep sate ikan ini, saya akan cerita sedikit nih bun tentang pengalaman dari sahabat saya. Ceritanya berawal dari bunda Rudy yang bermasalah dengan si buah hatinya, katanya sih anak bungsunya, nggak suka bahkan bisa dibilang anti dengan ikan, apapun jenisnya. Nah berangkat dari pengalaman dari bunda Rudy tersebut, kemaren saya sempet baca-baca buku resep makanan  tentang olahan unik yang berasal dari ikan. Dan akhirnya setalah saya search saya ketemu dengan resep yang membuat saya tertarik nih bun, resepnya adalah sate ikan.

Resep Sate Ikan

Sebelum saya membahas lebih jauh lagi, saya mau ucapkan terimakasih dulu kepada bapak Bondan Suwitomo dalam bukunya yang salah satunya berisi tentang sate ikan. Yap seperti yang kita ketahui sebelumnya sate, umumnya dibuat dari daging kambing ataupun daging ayam. Tai sebenarnya tak hanya itu saja bun yang bisa dibuat sate, ternyata ada juga lho Sate Babat dan Sate Ayam Lilit Saus Oncom... Gimana bun unik-unik satenya?. Tapi saya kali ini akan menjelaskan detail tentang resep sate ikan ala bapak bondan suwitomo. Lebih lengkapnya silahkan simak ulasan saya di bawah ini.

Resep Sate Ikan

Bahan:
  • 1/2 kilogram ikan tenggiri, haluskan
  • 4 sendok makan gula merah parut
  • 2 butir telur
  • Tangkai sereh sebagai bahan tusuk sate
  • 1/2 kilogram udang segar
  • 150 gram kelapa parut
Bumbu halus:
  • 8 buah cabe merah (selera)
  • 4 ruas jari lengkuas
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 15 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Daun jeruk secukupnya

Cara Membuat Sate Ikan

  1. Tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum.
  2. Campur semua bahan hingga rata.
  3. Bulatkan adonan dalam tangkai serai (jangan terlalu besar).
  4. Bakar sate ikan, dan bolak-balik terus sampai matang.
Itulah bunda resep lengkap tentang sate ikan ala bapak bondan suwitomo. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan bunda tentang dunia kuliner. Dan resep sate ikan ini bisa menjadi salah satu alternatif menu masakan bunda, terlebih lagi buat bunda yang anaknya nggak suka dengan ikan, mungkin resep sate ikan ini bisa jadi menu andalan bunda untuk mengakali si kecil yang tidak suka dengan ikan. Untuk penyajian sate ikan ini bunda bisa mencocolkan dalam bumbu kecap yang di beri irisan tomat, bawang merah dan cabe. Sampai jumpa dengan menu yang unik lainnya bun dan selamat mencoba.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sate Ikan

0 komentar:

Posting Komentar