Resep Pancake Cassava (singkong)

Resep Pancake Cassava (singkong) - Semangat pagi bunda, di hari ini saya menulis artikel mengenai pancake yang terbuat dari singkong atau nama ilmiahnya cassava. Buat bunda atau anak- anak di rumah yang suka ngemil, ini merupakan kreasi baru dalam menu kuliner, khususnya menu pancake. Pancake sendiri adalah makanan atau sarapan pagi untuk orang belanda, namun seiring dengan berkembangnya zaman tradisi tersebut mnejalar sampai ke Indonesia hingga akhirnya nama pancake sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pancake umumnya terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu segar kemudian dipadukan dengan gula atau madu. Selanjutnya adonan tersebut dibentuk bulat pipih lalu di goreng menggunakan teflon anti lengket. Setelah itu biasanya pancake di sajikan dengan berbagai macam toping antara lain es krim, susu kental manis coklat, madu, meses dan lain-lain sesuai dengan selera.

Resep Pancake Cassava (singkong)

Dalam resep pancake kali ini saya akan membahas tentang pancake dari singkong. Pasti bunda di rumah belum pernah dengar dan belum pernah mencicipinya. Tendengar agak aneh memang bun, tapi itulah yang namanya kreasi dalam dunia kuliner. Singkong (cassava) sendiri memilik banyak kandungan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh antara lain singking memiliki knadungan mineral, dimana setiap tubuh manusia sangat tergantung dengan mineral, singkong juga memiliki kandungan protein yang sangat besar, maka tak heran bagi masyrakat Imdonesia dulu menjadikan singkong sebgai makanan pokok dan makanan sehari-hari.  Bagi yang sudah tidak pengen mengetahui bagaimana cara membuat pancake singkong, langsung saja akan membagikan resep bahan dan cara membuatnya.

Resep Pancake Singkong (Cassava)

Bahan:
  • 200 gram tepung singkong
  • 50 gram susu bubuk vanila
  • 50 gram tepung maizena
  • 50 gram gula halus
  • 1 sendok teh baking powder
  • 4 butir telur
  • 200 ml susu cair segar
  • 2 sendok makan margarin
  • Garam secukupnya
Bahan saus:
  • 300 gram umbi bit
  • 2 sendok makan perasan air jeruk lemon
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 2 semdok makan tepung maizena

Cara Membuat Pancake Cassava

  1. Campur semua bahan (telur, susu cair, tepung singkong, susu bubuk, tepung maizena dan baking powder) kemudaian aduk sampai rata
  2. Diamkan adonan selama 10 menit biar agak mengembang
  3. Panaskan wajan anti lengket (teflon) kemudian olesi permukaan wajan dengan margarin secukupnya
  4. Tuang satu sendok sayur adonan lalu masak hingga matang dan berwarna keemasan
  5. Balik adonan yang telah di masak, lakukan sampai adonan habis
  6. Ditempat lain, untuk membuat saus haluskan umbi bit dengan menggunakan blender sampai halus dan tercampur rata
  7. Tuang bit yang telah dihaluskan  kedalam wajan kemudian tambahkan potongan umbi bit, air lemon, gula dan larutan maizena
  8. Masak saus tersebut hingga matang dan mengental
  9. Susun pancake diatas piring dan siram dengan saus umbi bit diatasnya
Penasaran dengan resep kreasi tradisional lainnya?, silahkan klik link di bawah ini:

Nah demikian resep pancake cassava dari saya, mudah dan praktis bukan cara membuatnya? bunda cukup meluangkan waktu yang singkat untuk membuat masakan pancake cassava, bahan yang digunakan juga mudah untuk didapatkan, bunda bisa mendapatkan semua bahan tersebut di pasar swalayan yang besar atau juga bisa di pasar tradisional yang menyediakan berbagai macam kebutuhan. Sedikit tips dari saya sebelum bunda meyajikan pancake singkong (cassava) lebih baiknya bunda plating dengan bentuk yang manarik, kemudian bunda memberi berbagai macam toping misalnya strawberry, jeruk, atau susu kental manis, madu, mesem, permen coklat ataupun yang lainnya sesuai dengan selera bunda dan anak-anak. Selamat mencoba dan selalu sajikan masakan rumahan namun memiliki cita rasa tinggi. Happy cooking bunda.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Pancake Cassava (singkong)

0 komentar:

Posting Komentar