Resep Nugget Tempe Enak

Resep Nugget Tempe Enak - Bunda gemar memasak? kalau iya bunda pasti sudah kenal banget dong dnegan bahan makanan yang satu ini. Tempe, yap pasti sudah tahu bangte kan bunda?. Tempe merupakan salah satu jenis bahan untuk masakan yang paling terkenal di Indonesia, sampai-sampi banyak banget tuh selebritas blesteran dari luar negeri yang suka banget sama tempe. Nah untuk olahan dari tempe tersebut sangat beraneka ragam mulai tempe yang hanya sekedar di goreng saja, sampai tempe yang sudah dimodifikasi menjadi makanan yang unik dan lezat, salah satunya nugget tempe.

Resep Nugget Tempe Enak

Nugget tempe adalah varian baru di dunia kuliner dari bahan dasar tempe, semakin lama semakin banyak juga berbargai variasi dalam dunia masak tak terkecuali dengan tempe. Dari awalnya nugget yang di terkenal dengan bahan utamanya daging sapi atau daging ayam, sekarang sudah ada lho bunda nugget yang dari tempe. Untuk masalah rasa juga tidak kalah lezat dengan nugget yang terbuat dari bahan daging, bahkan bagi orang mungkin mencicipi nugget tempe dan belum tahu kalau nugget tersebut terbuat dari tempe, pasti akan mengira kalau nugget tersebut sama dengan nugget pada umumnya, karena memang rasanya hampir sama kok bun. Penasaran gimana cara pembuatannya?, silahkan lihat ulasan saya di bawah ini.

Resep Nugget Tempe Enak

Bahan:
  • 250 gram tempe, kukus hingga matang, haluskan
  • 75 gram daging ayam, cincang halus
  • 1 butir telur
  • Minyak secukupnya, untuk menggoreng
Haluskan :
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica
  • Pala secukupnya
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh kaldu instan, jika suka
Pelapis :
  • 1 putih telur, kocok
  • 50 gram tepung roti kasar

Cara Membuat Nugget Tempe Enak

  1. Campur tempe dengan daging ayam cincang.
  2. Tambahkan telur dan semua bumbu halus, aduk rata.
  3. Ambil 2 sendok makan adonan, bentuk bulat. Lakukan hingga semua adonan habis.
  4. Celupkan nugget tempe ke dalam putih telur, lalu gulingkan ke dalam tepung roti.
  5. Goreng nugget sampai bewarna keemasan
  6. Angkat dan tiriskan
Nah begitulah bunda cara pembuatan nugget tempe ini yang gurih dan tentunya lezat. Saya bunda di rumah pasti bisa untuk mempraktekkannya, karena selain prosesnya yang sederhana, bahan yang digunakan juga sangat simpel. Jadi bunda gampang deh kalau mau buat nugget tempe ini. Tak hanya nugget tempe saja bun, cobain juga resep nugget kentang dari tepung roti dan terigu. Selain rasa enak yang kita dapat dari mengonsumsi nugget tempe ini, ternyata bunda juga dapat memperoleh berbagai manfaat dari mengonsumsi tempe.

Manfaat tempe antara lain:

Untuk balita dan anak-anak:
  1. Membuat anak sehat karena tempe mengandung antioksidan dan antibiotika di dalamnya bisa menyembuhkan infeksi dan penyakit turunan.
  2. Tempe mudah dicerna dan mengandung enzim pencernaan yang dihasilkan ragi atau jamur rhizopus oligoporus ketika difermentasi, baik untuk pencernaan anak.
Untuk orang dewasa yang sedang menjaga kesehatan:
  1. Tempe mengandung sumber protein bebas lemak sehingga cocok untuk mereka yang sedang diet. Kandungan proteinnya terdiri dari 18 jenis protein dan asam amino.
  2. Tempe dapat meningkatkan kadar HDL. Kadar kolesterol baik dalam darah ini terbukti mampu membuat kolesterol jahat berkurang dan menekan serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  3. Tempe dapat mencegah beberapa penyakit degeneratif.
  4. Tempe dapat membuat jantung tetap sehat karena mampu meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Nugget Tempe Enak

0 komentar:

Posting Komentar