Resep Nasi Pepes Jamur

Resep Nasi Pepes Jamur - Jamur merupakan salah satu bahan makanan yangs ering dijadikan untuk pembuatan berbagai macam menu kuliner. Jenis ataupun macam-macam jamur sendiri cukup terbilang banyak dan bervariatif, mulai dari jamur kuping yang habitat alaminya tumbuh di menempel di pepohonan, jamur tiram yang banyak bermunculan pada saat musim penghujan tiba, dan biasanya jamur ini yang paling sering ditemui di pekarangan rumah maupun di kebun-kebun. Tak heran heran adanya berbagai macam tanaman jamur masyarakat khususnya masyarakat pedesaan sering memanfaatkan jamur ini, salah satunya adalah jamur tiram yang sering muncul pada saat musim hujan tiba. Biasanya anak-anak kecil sengaja berkumpul untuk mencari jamur tiram tersebut kemudian jamur mereka yang dapatkan dimasak dengan sederhana atau diberikan kepada orang tua mereka untuk kemudian di masak kembali.

Resep Nasi Pepes Jamur

Setelah mengetahui tentang jenis dan ragam jamur, dan anime masyarakat untuk mengkonsumsi jamur yang tinggi, sekarang sudah banyak petani yang mulai membudidayakan jamur tersebut, khususnya jamur tiram. Semakin banyaknya bahan baku dari jamur juga mneyebabkan semakin banyaknya olahan dari bahan baku jamur, mulai dari jamur kripy, sup jamur, sate jamur dan lain-lainya. Namun kali ini hadir varian olahan dari bahan baku jamur yakni nasi pepes jamur. Menu kali ini di masak dengan cara di rebus. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi pepes jamur antara lain jamur sebagai bahan utama, jamur disini yang digunakan adalah jamur merang, bahan selanjutnya yang digunakan adalan santan, daun salam, batang serai dll. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak ulasan saya berikut ini.

Resep Nasi Pepes Jamur

Bahan:
  • 250 gram beras
  • 375 ml santan
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 50 gram jamur merang/jamur kancing
  • 25 gram daun kemangi
  • 5 buah cabai rawit hijau
  • 1 batang daun bawang
  • 1/2 buah kaldu blok ayam
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Nasi Pepes Jamur

  1. Rebus santan, air, garam, daun salam, dan serai, tunggu hingga mendidih
  2. Tambahkan beras, masak hingga menjadi nasi aron
  3. Masukkan kemangi, cabai rawit, daun bawang yang sudah dipotong kecil
  4. Kemudian tambahkan kaldu, garam dan jamur yang telah di iris
  5. Bungkus nasi tersebut dalam daun pisang, bentuk seperti pepes
  6. Ulangi terus hingga bahan habis
  7. Kemudian kukus selama 30 menit atau hingga matang
  8. Angkat dan sajikan
Penasaran juga tentang aneka resep makanan yang berbahan dasar jamur? yuk cari tahu disini:
Resep Jamur Cah Tiram
Resep Sambal Jamur

Bagaimana bunda sangat mudah bukan untuk membuat nasi pepes jamur ini? setelah mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuat nasi pepes jamur ini bunda dapat mempraktekkannya langsung dan menghidangkannya di meja makan untuk dinikmati dengan keluarga tercinta. Perpaduan dari nasi yang dicampur dengan santan membuat nasi ini terasa lebih gurih, kemudian nasi ini dipadukan dengan jamur merang memiliki rasa yang sangat khas. Apalagi untuk pembungkusnya disini menggunakan lembaran pisang membuat menu kuliner yang satu ini terasa lebih lezat dan memiliki harum yang khas dari daun pisang. Gimana bunda tertarik untuk mencobanya di rumah?. Selamat mencoba dan selamat beraktivitas.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Nasi Pepes Jamur

0 komentar:

Posting Komentar