Resep Es Beras Kencur

Resep Es Beras Kencur - Akhir-akhir ini memang udara di sekitar sangat panas dan sangatlah tidak menyenangkan, apalagi setelah panas ganti hujan turun dengan lebat. Pergantian musim ini antara musim kemarau dan musim hujan yang sedang berlangsung di Indonesia atau yang lebih di kenal sebagai musim pancaroba sangatlah menganggu aktifitas, terlebih lagi bagi seseoarang sering melakukan kegiatan di outdoor atau luar rumah. Cuaca yang mudah berganti antara panas dan hujan dalam satu hari saja dapat menimbulkan berbagai gejala penyakit dalam tubuh, misalnya penyakit yang mudah menjalar pada saat musim pancaroba adalah flu  batuk, terlebih lagi jika seseorang yang mempunyai daya tahan (imunitas) tubuh yang rendah gampang sekali terserang penyakit demam panas, sakit kepala dan yang lainnya.

Resep Es Beras Kencur

Nah... Untuk mengatasi musim pancaroba yang tengah melanda Indonesia, ada satu resep minuman tradisional yang dapat dijadikan sebagai obat atau penambah daya tahan tubuh yang sedang drop. Minuman ini adalah beras kencur pasti bunda dirumah sudah mengetahui beras kencur kan? kalau belum tahu sedikit informasi tentang beras kencur. Beras kencur merupakan salah satu tradisional dari Indonesia tepatnya adalah dari provinsi Jawa tengah ynag biasanya sering dijajalkan oleh mbok jamu gendong. Bahan yang diperlukan untuk membuat beras kencur ini terbilang mudah dan sederhana bunda cukup menyiapkan beras dan kencur sebagai bahan utama pembuat beras kencur. Beras kencur ini juga didpercaya untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Selengkapnya mengenai beras kencur.

Resep Beras Kencur

Bahan:
  • Beras kencur 100 gram
  • Kencur 3 ruas jari orang dewasa
  • Kunnyit 1 ruas jari
  • Asam jawa 1 sendok makan
  • Gula jawa 125 gram
  • Jahe 2 ruas jari
  • Daun pandan 1 lembar
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Air 6 gelas ukuran sedang
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Beras Kencur

  1. Rendam 200 gram beras dengan air bersih selama kurang lebih 3 jam, sisihkan
  2. Rebus dan tambahkan air
  3. Masukkan jahe, asam jawa, daun pandan, kencur, kunyit, gula pasir dan gula jawa lalu aduk rata
  4. Saring rebusan air tersebut
  5. Ambil ampas atau rendaman jahe dan kunyitnya
  6. Tumbuk kencur dan beras yang tadi sudah direndam dengan air selama kurang lebih 3 jam
  7. Kemudian tumbukan tersebut siram dengan air beras dan kencur
  8. Masukkan air jeruk nipis yang sudah diperas dan es batu ke dalam gelas
Cari tahu juga bagaimana resep cara membuat minuman tradisional yang sangat menyehatkan bagi tubuh, silahkan klik link di bawah ini:

Gimana bunda tentang cara membuat beras kencur ini cukup mudah bukan? sedikit informasi ya bunda, bunda juga dapat menambah es batu ke dalam minuman ini dan siap untuk dinikmati kesegarannya. Es beras kencur pun sudah jadi dan siap untuk menemani aktifitas bunda dan keluarga sekalian pada saat yang tidak menentu ini seperti musim pancaroba, dengan menggunakan bahan alami khas nusantara bunda dapat mendapatkan kesegarannya serta dapat pula menikmati manfaat yang terkandung dalam beras kencur ini. Beras kencur juga dipercaya dapat menyehatkan tubuh, dapat menghilangkan capaek dan pegal-pegal dapat menambah nafsu makan, jadi buat bunda yang anaknya susah untuk makan cocok sekali di berikan minuman ini agar nafsu makanny bertambah lagi. Selamat mencoba dan selalu sajikan masakan rumahan yang memiliki cita rasa tinggi.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Es Beras Kencur

0 komentar:

Posting Komentar