Resep Ceker Lada Hitam Spesial

Resep Ceker Lada Hitam Spesial - Semangat pagi bunda... Artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat ceker lada hitam spesial. Yap betul bunda bahan yang kali ini akan saya jadikana resep adalah ceker lada hitam. Ayam bukan hanya saja bisa dimasak bagiang daging saja tetapi juga bagian cekernya juga lho bunda. Bagi yang belum pernah mendengarnya mugkin sedikit agak asing dengan olahan yang satu ini, namun banyak juga dari masyarakat yang sudah mempergunakan kaki ayam (ceker) untuk dijadikan resep menu makanan yang unik dan juga lezat. Di Indonesia sendiri sudah banyak resep atau menu yang mengunakan ceker sebagai bahan utamanya. Akan tetapi dari sebagian orang merasa jijik dan mengurungkan niat untuk memakan olahan yang berbahan dasar ceker, padhal sebetulnya kalau ceker dimasak dan dihidangkan dengan proses serta cara yang baik dan benar akan menciptakan cara nikmat dari ceker ayam itu sendiri. Berikut tips untuk mengolah ceker atau kaki ayam pertama, bersihkan ayam dengan air bersih potong juga kukunya, setelah itu rendam dalam air panas dan buang semua kulit ari yang menempel. Cukup sederhana bukan untuk membuat kaki ayam menjadi makanan yang higienis.


Resep Ceker Lada Hitam Spesial


Ceker ayam kali ini saya bahas akan dijadikan sebagai bahan utama dalam resep ceker lada hitam spesial. Dalam proses pembuatannya ceker lada hitam cukup menggunakan bahan sederhana dan mudah untuk didapatkan mulai dari warung, pasar trasional sampai supermarket besar. Di antara bahan tersebut adalah rempah-rempah yang khas berasal dari Indonesia misalnya jahe, jahe disini digunakan utuk bumbu tapi selain itu juga jahe berfungsi sebagai salah satu rempah yang dijadikan penghilang bau atau rasa amis pada ikan maupun daging. Bahan yang selanjutnya digunakan dalam resep ceker ayam lada hitam spesial adalah merica atau lada, sesuai dengan nama menunya merica disini digunakan untuk menambah cita rasa dan untuk menguatkan rasa dari ceker. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan proses pembuatan ceker lada hitam spesial di bawah ini.

Resep Ceker Lada Hitam Spesial

Bahan:
  • 250 gram ceker ayam
  • 1 cm jahe
  • 500 ml air
Bumbu:
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 cm jahe di parut
  • 1 buah cabai merah keriting, dipotong-potong
  • 1/2 buah pekak
  • 1/4 sendok makan angkak
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok teh merica hitam kasar
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 250 ml air kaldu ayam sisa rebusan ceker
  • 1/4 sendok makan tepung sagu
  • 1 batang daun bawang, diiris miring
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • 1/2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat Ceker Lada Hitam Spesial

  1. Bersihkan ceker ayam sesuai dengan tips diatas sampai benar-benar bersih
  2. Rebus air dan jahe sampai mendidih
  3. Masukkan ceker ayam dan rebus selama 10 menit, tiriskan
  4. Kemudian goreng ceker ayam, tiriskan
  5. Di wadah lain, seduh angkak dengan air mendidih, ulangi sampai 2x lalu ulek sampai halus
  6. Tumis bumbu diatas sampai tercium bau harum
  7. Masukkan saus tiram, merica hitam dan gula pasir
  8. Kemudian tuang kaldu ayam, masak sampai semuanya meresap
  9. Tambahkan tepung sagu untuk mengentalkan
  10. Tambahkan minyak wijen dan daun bawang
  11. Angkat dan sajikan
Bagi bunda yang ingin mencoba resep lainnya, silahkan kunjungi artikel selanjutnya 

Nah demikian bunda cara untuk membuat ceker lada hitam spesial. Ceker lada hitam ini cocok untuk disajikan dengan nasi hangat serta krupuk yang renyah. Jadi deh kuliner yang enak ini untuk disantap bersama keluarga tercinta dirumah. Selain itu ceker juga memiliki berbagai kandungan gizi, ceker memiliki mineral yang sangat berfungsi untuk tubuh kita, selain mineral ceker juga memiliki kandungan fosfor, dimana fosfor tersebut dapat membantu pembentukan tulang dan untuk memperkuat otot. So... Bunda harus sajikan menu kuliner ini dalam meja makan apalagi setelah mengetahui akan manfaat yang besar dalam ceker. Selamat mencoba dan selalu sajikan masakan rumahan namun mempunyai cita rasa tinggi. Terima kasih telang mengunjungi blog ini.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ceker Lada Hitam Spesial

0 komentar:

Posting Komentar