Resep Acar Kuning Mentimun

Resep Acar Kuning Mentimun - Acar, acar merupakan menu tambahan dan pelengkap dalam menu makanan besar. Misalnya acar mentimun yang digunakan sebagai tambahan ayam bumbu asam manis. Sebenanya bahan yang dibuat untuk pembuatan acar bukan hanya mentimun saja, namun terdapat juga bahan sayuran lain sebagai pelengkap seperti mentimun dan kacang tanah, tapi sebenarnya sesuai dengan selera bunda dan ladies saja. Pembuatan acar disetiap daerah juga memiliki bahan yang berbeda dan beragam. Misalnya di jawa bahan yang digunakan untuk membuat acar cukup menggunakan mentimun dan wortel. Namun dalam acara tertentu pembuatan acar juga ditambah dengan lobak dan irisan bawang bombai. Namun semua itu tergantung pada selera dan keinginan bunda dan ladies saja.

Resep Acar Kuning Mentimun

Tips dan trik untuk membuat acar yang lezat dan nikmat. Tips yang pertama adalah pembuatan acar sangat dipengaruhi oleh bahan, jadi sebaiknya bunda dan ladies menggunakan bahan yan masih segar, ketahuilah ciri-ciri bahan sayur yang masih dalam keadaan segar meliputi mentimun masih segar dan tidak kusut, biasanya di ujung mentimun masih kelihatan mulus dan itu merupakan tanda mentimun dalam keadaan segar. Tips kedua proses memasak acar usahakan jangan terlalu lama, karena dapat megurangi khasiat dalam sayur dan menjaga kerenyahan dari sayur itu sendiri. Tips sselanjutnya untuk membuat acar yang lezat dan nikmat adalah penggunaan asam cuka yang tidak terlalu banyak, karena penggunaan asam cuka yang berlebihan akan menciptakan rasa yang agak aneh.

Resep Acar Kuning Mentimun

Bahan:
  • 2 buah mentimun
  • 4 buah wortel
  • 8 sendok makan kacang tanah sangrai
  • 20 buah cabai
  • 10 siung bawang merah
Bahan bumbu acar:
  • 4 siung bawang putih
  • 6 biji kemiri
  • 8 sendok makan cuka
  • 2 sendok teh kunyit halus
  • 2 gelas santan kental
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Acar Kuning Mentimun

  1. Haluskan cabai, bawang putih dan kemiri sampai halus
  2. Tambahkan kunyit, tumis hingga tercium bau harum
  3. Masukkan wortel yang sudah di potong-potong dan campurkan dengan santan
  4. Tunggu sampai mendidih
  5. Lalu tambahkan cuka, gula pasir, cabai dan bawang merah
  6. Masukkan mentimun yang telah dipotong dadu dan kacang yang telah di sangrai
Penasaran juga resep yang tak kalah unik dan lezat lainnya? silahkan buka link di bawah ini:

Gimana bunda gampang sekali kan cara untuk membuat acar kuning mentimun ini? jadi buat bunda yang masih bingung tentang cara pembuatan acar yang enak dan lezat sekarang sudah tahu kan gimana resepnya? namun buat bunda yang ingin menambahkan bahan atau sayur lain misalnya lobak ataupun yang lainnya silahkan saja tetapi ingat selalu tips di atas untuk membuat acar yang lezat. Semoga artikel kali ini yang saya buat dapat menambah ilmu pengetahuan bunda dan ladies  khususnya tentang dunia kuliner khas Indonesia, karena Indonesiapun juga banyak memiliki kuliner khas dari berbagai provinsi yang memiliki cita rasa tinggu serta tentunya menggunakan bahan rempah-rempah di setiap daerah. Selamat mencoba di rumah.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Acar Kuning Mentimun

0 komentar:

Posting Komentar