Resep Cara Membuat Tape Ketan Putih Fermentasi

Resep tape ketan adalah menu sajian yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Mungkin anda sudah tidak asing mendengar lagi tape ketan putih yang dibuat dengan cara fermentasi. Resep Cara Membuat Tape Ketan Putih Fermentasi rasanya unik dalam satu makanan namun terdapat dua jenis rasa sekaligus yaitu asam dan manis. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat tape ketan adalah beras ketan putih kemudian diolah menjadi ketan yang asam namun manis. Biasanya yang menjadi ciri khas dari tape ketan ini adalah dibungkus dengan daun pisang picukan kecil. Tape ketan tidak ketinggalan untuk disajikan ketika ada acara-acara seperti kondangan maupun arisan ibu-ibu.

Tape Ketan

Resep Cara Membuat Tape Ketan Putih Fermentasi

Warna hijau yang ada pada tape ketan akan lebih menggugah selera orang yang meliriknya. Apalagi rasa lembut dimulut ketika dimakan, saya yakin semua orang pasti ketagihan. Tape ketan juga hampir tersebar di seluruh penjuru nusantara. Tentunya dengan bentuk penyajian yang berbeda-beda di setiap penjuru daerah. Sering juga mungkin anda menjumpai cara membuat tape ketan yang disajikan dalam ke adaan tidak dibungkus dengan daun pisang namun pada dasarnya bahan dan rasa yang dihasilkan sama saja.

Rasa dari tape keta cenderung manis, asem dan nikmat, pokoknya unik. Oh ya jika anda ingin menjadikan tape ketan ini sebagai slaah satu menu hidangan di meja ruang tamu ketika hari raya nanti tiba, anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah, tentunya dengan bahan yang sederhana dan mudah untuk didapatkan. Cara membuat tape ketan akan dijelaskan dibawah ini dengan jelas, jadi anda tak perlu kahwatir.

Resep Tape Ketan

Bahan:
  • Ketan Putih 2 kg
  • Ragi 2 butir
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Daun Pisang secukupnya

Cara Membuat Tape Ketan

Langkah pertama ketan putih dicuci sampai bersih kemudian tiriskan, siapkan baskom untuk merendam ketan putih kurang lebih sekitar 120 menit, setelah itu tiriskan. Kemudian sipakan panci untuk mengukus ketan sampai matang, kemudian angkat. Tunggu beberapa saat agar ketan dingin. Setelah dingin taburi dengan ragi yang sudah dihaluskan dan diayak sampai lembut. Setelah itu larutkan gula dengan air secukupnya. Jika semuanya sudah tercampur rata, sipakan daun pisang untuk membungkus ketan. Ambil sedikit ketan lalu bungkus serta tambahkan sedikit gula yang sudah dilarutkan tadi pada setiap bungkusan tape, lakukan sampe ketan habis. Kemudian sipakan wadah untuk meletakkan tape yang sudah dibungkus lalu tutup dnegan rapat untuk proses fermentasi. Diamkan dalam wadah tersebut kurang lebih sekitar 2 x 24 jam. Setelah ada bau wangi berarti tape ketan sudah siap untuk dihidangkan.

Coba juga menu yang hampir sama dengan tape ketan hitam di:
Tape ketan sudah siap untuk dinikmati.. hmm.. pasti rasanya nikmat banget karena perpaduan antara rasa manis dari gula dan asam dari hasil fermentasi. Lebih nikmat dan menggugah selera jika anda menyantapnya dalam keadaan dingin. Caranya setelah didiamkan selama 2 x 24 jam dan tercium bau wangi langsung ditaruh lemari es agar ketika ingin menyantapnya dalam kedaan segar dan dingin. Tentunya lebih maknyuuuusss deh kalo ditaruh di lemari es terlebih dahulu. Yuukk buruan bunda langsung aja capcuuss ke pasar beli ketan putih dan langsung buat tape ketan ini. Jika bunda menginginkan warna hijau atau lainnya pada tape nantinya, bisa ditambahkan dengan pewarna makanan. Selamat mencoba cara membuat tape ketan ya bund.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Tape Ketan Putih Fermentasi

0 komentar:

Posting Komentar