Resep Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Asin

Keripik singkong merupakan cara membuat camilan berbahan dasar singkong yang dipotong tipis serta diberi penyedap dengan aneka macam bumbu kemudian digoreng dalam minyak panas sampai matang dan garing. Jika dilihat dari cara membuat keripik singkong, anda bisa menggunakan berbagai varian rasa yang ada, seperti balado misalnya. Tinggal menambahkan bumbu balado ketika membuat kripik singkong ini, dijamin pasti gurih dan renyah banget tentunya nggak akan kala dengan jenis kripik lainnya. Jika mendengar kata singkong pasti anda akan berfkiran makanan kampungan, nggak level, dan segala macem. Ehh.. tapi tunggu dulu jangan salah. Singkong juga bisa dibuat menjadi makanan yang nikmat lhoo, dan bahkan hampir disetiap penjuru daerah kita menemukan makanan jenis ini. Bahkan orang bandung jadi jutawan gara-gara keripik singkong.

Keripik Singkong

Resep Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Asin

Selain rasanya yang nikmat dan gurih jika diolah menjadi keripik, singkong juga mempunyai beberapa keuntungan bagi tubuh lho jika dikonsumsi. Jadi anda tidak akan rugi untuk mengkonsumsinya, karena selain enak juga menyehatkan. Mengapa menyehatkan bagi tubuh jika dikonsumsi? Ini dia jawabannya. Ternyata singkong ini mengandung serat 0 kolesterol, nah pada dasarnya mengkonsumsi makanan yang tinggi serat snagat bermanfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, serta membantu sistem pencernaan dalam tubuh.

Rendahnya lemak dan kolesterol dalam sebatang singkong juga baik untuk mencegah resiko obesitas. Selain itu singkong juga lebih rendah protein jika dibandingkan dengan sereal dan kacang-kacangan. Lalu jika dibandingkan dengan makanan seperti ubi, kentang, pisang, dan lain sebagainya singkong merupakan jenis makanan yang mengandung protein yang tinggi. Tengok langsung yuk cara membuat keripik singkong ala resep kafe.

Resep Keripik Singkong

Bahan:
  • Singkong 2 kg
  • Kapur Sirih 2 sendok makan
  • Air Bersih 600 ml
  • Garam secukupnya untuk merendam
  • Bawang putih 10 siung, dihaluskan
  • Gula Pasir 4 sendok makan
  • Minyak Goreng secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
  • Bawang Merah 16 butir
  • Cabe Merah 300 gram
  • Garam 3 sendok teh

Cara Membuat Keripik Singkong

Langkah pertama kupas singkong kemudian dicuci sampai bersih, setelah itu potong singkong menjadi beberapa bagian dan diiris tipis-tipis. Setelah itu untuk merendam campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan garam dan kapur sirih lalu aduk smapai rata kemudian rendam singkong didalamnya. Rendam kurang lebih sekitar 1/2 jam kemudian angkat serta tiriskan. Selanjutnya sipakan wajan dan panaskan minyak goreng, ketika minyak sudah panas goreng singkong sampai matang dan kering, setelah matang angkat kemudian tiriskan. Setelah itu panaskan minyak kembali untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan tambahkan juga gula pasir kemudian aduk rata. setelah bumbu menjadi kering kecilkan api lalu masukkan singkongnya mdan aduk sampai rata. Setelah rata kemudian angkat dan tiriskan dan tunggu smapai dingin lalu masukkan ke dalam stoples. Kripik singkong siap untuk dihidangkan.

Ada juga lo resep keripik lainnya:
Resep Cara Membuat Keripik Pisang Renyah
Mudah bukan cara membuat keripik singkong yang nikmat ini? Caranya sederhana banget dan bahan yang dibutuhkan nggak begitu ribet. Oh ya ada sedikit tips nih buat bunda di rumah agar kripik singkong yang dihasikan bisa renyah. Pertama, pilihlah singkong yang masih segar, ukurannya besar, serta dalamnya berwarna putih. Kedua, singkong dikeringkan setelah direndam sampai benar-benar kering namun jangan sampai terkena paparan sinar matahari secara langsung. Dan yang terakhir, anda harus menyiapakan dua wajan penggorengan yaitu yang pertama untuk dengan panass edang untuk menggoreng setengah matang dan yang kedua denga panas maksimal untuk menggoreng sampai matang. Nah, sekarang sudah tau kan gimana caranya biar renyah? yuukk langsung dicoba cara membuat keripik singkong.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Asin

0 komentar:

Posting Komentar