Resep Kue Bolu Kukus Lembut

Kue bolu kukus yang satu ini adalah jenis kue yang cocok untuk dijadikan camilan anda bersama keluarga. Resep bolu kukus cukup banyak dicari karena rasa yang enak dan teksturnya yang lembut. Kue bolu kukus biasanya dihidangkan ketika ada acara-acara penting di suatu tempat. Kue bolu kukus pun merupakan kuliner nusantara yang sejak dari dulu sampai sekarang masih banyak diminati semua kalangan. Selain enak dan lembut bentuknya yang mengembang pun menjadi ciri khas dari kue bolu kukus ini. Saya yakin karena rasa didalamnya yang manis akan membuat lidah anda bergoyang serta ingin mencobanya.

Kue Bolu Kukus

Resep Kue Bolu Kukus

Banyak ibu rumah tangga yang senang untuk menghidangkan kue ini pada saat lebaran juga. Karena dari mulai anak-anak, orang dewasa, dan tua semuanya tidak merasa bosan untuk menikmati kue bolu kukus. Selain caranya yang mudah dan rasanya yang enak serta lembut, kue ini memiliki bentuk yang mekar seperti bunga. Nah, disini ada sedikit tantangan bagi anda semua untuk membuat agar kue bolu buatan anda mekar secara sempurna. Sehingga tampilan yang dihasilkan akan cantik dan menambah selera orang lain untuk mencobanya.

Anda bebas memilih varian rasa dan warna, agar tidak merasa bosan. Dalam membuat kue bolu kukus anda juga tidak perlu khawatir mengenai bahan yang harus digunakan, semuanya tersedia di toko-toko. Cara memebuatnya pun mudah sehinggga anda tidak perlu khawatir memikirkan hal tersebut, karena akan dijelaskan secara detail menegnai bahan-bahan yang diperlukan serta tahap-tahap dalam membuat kue bolu kukus di bawah ini nanti. Silahkan disimak baik-baik ya..

Resep Kue Bolu Kukus

Bahan:
  • Tepung Terigu 600 gram
  • Kuning Telur 10 butir
  • Telur 8 Putih
  • Gula Pasir 500 gram
  • Kertas Roti untuk alas Bolu Kukus
  • Soda Kue 1 sendok teh
  • Air Soda Tawar 350 cc
  • Coklat Bubuk 2 sendok makan
  • Vanilla 1 sendok teh
  • Pewarna Makanan 1/2 sendok teh, (warna sesuai selera)

Cara Membuat Kue Bolu

Siapkan baskom untuk mengocok campuran telur, gula, dan vanilla. Kocoklah sampai semua adonan mengental serta mengembang secara sempurna dan tercampur merata. Kemudian masukkan sedikit demi sedikit tepung dan air soda secara bergantian ke dalam adonan hingga keseluruhan tepung dan air soda habis. Aduklah kembali hingga semuanya tercampur dengan rata. Setelah adonan tercampur rata semua, ambil sekitar 10 sendok makan adonan tadi, kemudian masukkan pewarna kue dan coklat bubuk lalu aduk sampai rata setelah itu sisihkan. Kemudian siapkan cetakan kue dan letakkan alas kertas kue didalamnya, untuk bahan yang dipaparkan diatas menghasilkan kue bolu kukus sekitar 40 buah, setelah itu dikukus ke dalam panci yang airnya sudah mendidih. Tuang adonan tersebut ke dalam cetakan kue yang sudah dilapisi kertas roti namun jangan sampai penuh ya. Lalu tambahkan juga 2-4 sendok teh adonan yang sudah ditambahkan pewarna kue dan coklat bubuk tadi. Tuang secara bertahap satu persatu hingga keseluruhan adonan habis. Masukkan cetakan yang sudah diisi adonan ke dalam panci untuk dikukus diatas bara api yang besar, tunggu kurang lebih sekitar 30 menit atau jika dirasa kue telah matang dan merekah pada bagian atasnya seperti bunga. Setelah keseluruhan matang angkat dan tunggu sampai dingin kemudian sajikan. Kue bolu kukus siap untuk dihidangkan.

Resep kue bolu kukus diatas bisa langsung dipraktekkan agar anda tidak hanya membaca-membaca saja namun juga turun langsung di dapur untuk praktek. Agar segera bisa dinikmati anda dan keluarga. Lebih nikmat lagi jika disajikan dengan secangkir teh hangat, kebersamaan anda dan keluarga akan lebih terasa dengan menikmati kue bolu kukus. Atau mungkin para ibu-ibu yang belum mempunyai menu camilan ketika lebaran nanti, mungkin kue bolu kukus bisa menjadi salah satu alternatif menu hidangan anda. Anda juga bisa mengkombinasikan rasa buah-buahan dalam membuat kue bolu kukus agar ada citarasa yang berebeda dengan sebelumnya. Dan membuat anda dan keluarga lebih berselera untuk mencicipi rasa yang baru. Ada juga jenis kue yang bentuknya sangat empuk yaitu kue bugis, untuk mencobanya silahkan buka Resep Kue Bugis.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Kue Bolu Kukus Lembut

0 komentar:

Posting Komentar