Resep Cara Membuat Bandeng Bumbu Bali

Resep Cara Membuat Bandeng Bumbu Bali - Indonesia sungguh luar biasa dan menakjubkan bun, kenapa saya bilang demikian?. Berdasarkan fakta yang sebenarnya Indonesia terkenal akan berbagai macam kuliner yang khas dari beberapa daerah yang tersebar di penjuru Indonesia, tapi yang lebih mengesankan lagi adalah kalau Indonesia juga akan kekayaan hasil alamnya, terbilang Indonesia juga terkenal dengan negara matirim yang sebagian banyak berupa perairan atau lautan. Jadi hal itu menyebabkan di Indonesia banyak sekali berbagai macam jenis ikan laut maupun ikan air tawar. Maka ucapkanlah kata syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Bandeng Bumbu Bali

Ikan bandeng merupakan ikan yang paling banyak di temukan di perairan di Indonesia, selain itu ikan bandeng ini juga ikan yang paling banyak dikonsumsi. Tapi biasanya bunda paling hanya mengetahui kalau ikan bandeng hanya sebatas diolah menjadi Pepes Bandeng Kemangi Bumbu Sedap dengan rasa yang gurih dengan ikan bandeng yang disajikan dengan sambal lezat. Namun kali ini bandeng akan disajikan dalam bentuk dan juga bumbu yang berbeda. Yah bandeng bumbu bali ini yang saya maksutkan, bandeng bumbu bali ini mungkin bisa jadi referensi buat bunda pecinta ikan bandeng.

Resep Bandeng Bumbu Bali

Bahan:
  • Ikan bandeng 1 kg
  • Air 100 ml
  • Air jeruk nipis 4 sendok makan
  • Kecap manis 3 sendok makan
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Penyedap rasa 1 bungkus
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat Bandeng Bumbu Bali

  1. Bersihkan ikan bandeng dan potong sesuai dengan selera, lalu lumuri dengan air jeruk nipis, dan garam.
  2. Kemudian goreng ikan bandeng sampai berubah warna keemasan. Sisihkan.
  3. Setelah itu tumis bumbu dan tambahkan dengan gula, kecap manis, dan penyedap rasa. Aduk rata.
  4. Jika kuah agak kental masukkan ikan bandeng yang sudah di goreng sebelumnya dan tunggu hingga meresap.
  5. Angkat dan sajikan bandeng bumbu bali.
Dan akhirnya resep saya bandeng bumbu bali kali ini sudah siap dan selesai dimasak. Tapi saya punya beberapa catatan penting bunda harus perhatikan ketika memasaka menu bandeng bumbu bali. Catatan yang pertama adalah pastikan saat bunda membersihakn ikan bandeng ini harus benar bersih, dan jangan lupa buang kotoran ikan bandeng yang ada di bagian sekitar kepala ikan. Kemudian catatan yang kedua adalah pastikan tingkat kematangan pada saat menggoreng ikan bandeng, jangan terlalu garing ataupun jangan pula terlalu kurang matang.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Bandeng Bumbu Bali

0 komentar:

Posting Komentar