Resep Sambal Goreng Pepaya Muda Enak

Resep Sambal Goreng Pepaya Muda Enak - Resep sambal goreng, tentunya sudah nggak asing lagi ya bun di telinga. Karena Indonesia sendiri memang kaya akan berbagai macam kuliner yang tersebar dari sabang sampai merauke. Kalau beberapa hari yang lalau saya sudah pernah nulis artikel tentang resep Tumis Daun Bunga Pepaya Lezat. Yang bisa bunda manfaatkan dari buah pepaya ngak cuma daun dan bunganya saja lho bun. Ternyata pepaya muda atau dalam bahasa jawa biasanya disebut "kates nom", juga bisa dimanfaatkan untuk di olah menjadi sambal goreng pepaya muda yang rasanya super pecah bun alias enak.
Resep Sambal Goreng Pepaya Muda Enak

Sambal goreng pepaya ini menggunakan bahan dasar yang unik yakni buah pepaya yang masih muda, biasanya buah pepaya muda bewarna hijau sampai hijau tua, sedangkan bagian dalam pepaya muda memiliki warna putih, nggak seperti pepaya yang sudah matang, namanya juga pepaya muda bun. Dari segi pembuatan sebebarnya pembuata sambal goreng pepayaa muda ini nggak beda jauh dengan cara pembuatan sambal goreng dengan bahan yang lainnya. Yaitu bunda harus mempersiapkan aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe, garam bumbu lainnya. Selengkapnya lihat penjelasan saya di bawah.

Resep Sambal Goreng Pepaya Muda Enak

Bahan:
  • 1 buah pepaya ukuran kecil
  • 1 mangkuk kecil kacang beras
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu Halus:
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah cabe merah
  • Cabe rawit secukupnya
  • 2 biji kemiri
  • 1 lembar daun salam
  • 1 buah tomat
  • Gula dan garam secukupnya

Cara Membuat Sambal Goreng Pepaya Muda Enak

  1. Kupas pepaya muda, kemudian rajang penjang-panjang, cuci dengan air bersih dengan cara meremas dengan campuran garam sampai berulang kali.
  2. Rebus kacang beras hingga masak.
  3. Tumis bumbu halus dan masukkan tomat dan daun salam.
  4. Kemudian masukkan buah pepaya muda.
  5. Seosening dengan gula dan garam, atau juga bisa menambahkan kecap.
  6. Angkat dan sajikan.
Demikian bunda resep dari saya cara pembuatan sambal goreng pepaya muda yang nendang banget di mulut. Sambal goreng pepaya muda ini cocok untuk disajikan bersama nasi putih selagi hangat, dijamin bikin ngeces deh bun kalau nyobain sambal goreng pepaya muda enak ini. Apalagi buat bunda yang tinggal di kota dan kangen dengan masakan kampung, pas banget nih bun kalau bunda nyobain resep sambal goreng pepaya muda ini. Selamat mencoba.

Tips agar buah pepaya muda tidak terasa getir:

  1. Potong panjang-panjang pepaya muda
  2. Remas-remas pepaya muda dengan garam untuk menghilangkan getir, ulangi sampai beberapa kali
  3. Kemudian bersihkan lagi dengan air bersih

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sambal Goreng Pepaya Muda Enak

0 komentar:

Posting Komentar