Resep Ayam Suir Bali Spesial

Resep Ayam Suir Bali Spesial - Hai bunda... Gimana kabarnya? bagi bunda yang suka jalan-jalan atau traveling, pastinya sudah pernah kan bunda traveling di tempat di Indonesia yang sangat terkenal oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, Bali. Bali adalah salah satu tempat di Indonesia yang memiliki pesona dan pancaran yang sangat indah. Salah satu dari wisata di Bali yang sangat terkenal adalah wisata baharinya, yakni pantai kute yang sangat sangat mempesona oleh hamparan pasir putih yang membentang di tepi pantai yang membuat mata terbelalak oleh keindahannya. Pastinya kalau bunda dan ladies sedang jalan-jalan atau sekedar mengisi waktu liburan tidak pernah ketinggalan untuk melangkahkan kakinya di pantai kute yang sangat dipadati oleh mengunjung dari berbagai negara.

Resep Ayam Suir Bali Spesial

Tak hanya sekedar pantai berpasir putih yang ada di Bali, namun Bali juga sangat kaya akan budaya kearifan lokalnya. Terbukti dengan masih terpeliharanya budaya di Bali sampai sekarang, namun yang saya bahas kali ini adalah makanan khas dari Bali yakni ayam suir khas Bali, bagi yang sudah pergi ke Bali pasti sudah tidak asing lagi dan tentunya sudah pernah mencicipinya. Ayam suir Bali merupakan makanan yang berbahan dasar ssesuai dengan namanya yakni ayam, ayam disini yang dibutuhkan adalah dagingnya saja yang berasal dari paha dan dada. Selain ayam bahan yang digunakan untuk membuat ayam adalah santan, jadi sebelum membuatnya bunda harus mempersiapkan santan terlebih dahulu bisa bersal dari kelapa kemudian diparut dan peras diambil santannya, atau bunda juga dapat menggunakan santan instan yang banyak dijual di pasaran. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak ulasan saya dibawah ini.

Resep Ayam Suir Khas Bali

Bahan:
  • 150 gram daging ayam tanpa kulit
  • 250 ml air
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah cabai merah
  • 2 buah cabai merah
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, digeprak
  • 25 ml santan kental
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara Membuat Ayam Suir Khas Bali

  1. Lumuri ayam dengan bawang putih cincang, merica, dan garam tunggu hingga 1/2 jam
  2. Kemudian rebus daging ayam dengan air  selama 20 menit
  3. Angkat ayam dan suir-suir
  4. Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dicincang hingga harum
  5. Masukkan cabai, serai, lengkuas, dan daun jeruk, tumis sebentar dan masukkan cabai yang sudah dihaluskan
  6. Lalu tuang santan kental dan beri garam dan gula secukupnya
  7. Tunggu hingga santan mendidih
  8. Masukkan suiran ayam dan tunggu hingga bumbu meresap
  9. Angkat dan sajikan
Penasaran dengan tentang resep makanan tradisional lainnya? jangan khawatir bunda, bunda tinggal klik link di bawah ini saja:

Nah demikian bunda dan ladies tentang cara pembuatan ayam suir khas dari Bali. Sangat mudah bukan bunda untuk membuatnya? bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana. Untuk penggunaan santan, bagi bunda yang tidak mau repot dengan memarut kelapa dan kemudian memerasnya kembali hingga terbentuk santan yang murni, namun juga bunda dapat menggunakan santan instan yang dapat dengan mudah didapatkan di toko maupun warung disekitar rumah. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan menambah pengetahuan bunda tentang dunia kuliner. Selamat mencoba di rumah dan selalu sajikan masakan atau kuliner rumahan namun memiliki  cita rasa yang tinggi.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Ayam Suir Bali Spesial

0 komentar:

Posting Komentar