Resep Cara Membuat Kolak Pisang Santan Enak

Kolak pisang merupakan resep dan hidangan yang tidak pernah ketinggalan untuk disajikan ketika berbuka puasa. Tidak hanya ketika puasa, bahkan hari-hari biasa pun Resep Cara Membuat Kolak Pisang Santan Enak menjadi menu favorit karena berbahan dasar pisang, kolang kaling, biasanya ada yang menambahkan dengan ubi kuning atau nangka. Resep kolak pisang ini manis serta kental dari snatannya membuat lidah anda akan ketagihan untuk mencobanya. Kolak pisang ini kondisional, bisa disajikan dengan es batu atau juga tanpa es batu, tergantung cuaca diluar panas atau dingin, atau mungkin bisa juga sesuai dengan selera anda. Bisa dibilang kolak pisnag ini menu pembuka ketika berbuka puasa yang sederhana. Karena jika dilihat dari bahan yang digunakan dan juga cara membuat kolak pisang semuanya mudah dijangkau.

Kolak Pisang

Resep Cara Membuat Kolak Pisang

Menyambut ramadhan atau hanya sekedar untuk santapan penyegar maka wajib untuk menyiapkan resep kolak pisang ini. Karena seperti sunnah Nabi ketika berbuka puasa usahakan makan yang manis-manis terlebih dahulu, biasanya sering kita jumpai kurma dan kolak pisang ini. Banyak sekali warung-warung yang menyediakan es kolak ini apalagi ketika bulan puasa. Minuman segar lainnya yang menjadi idola di bulan nan suci adalah es teler dan es campur. Silahkan coba resepnya di Resep Cara Membuat Es Teler 77 Segar dan Resep Cara Membuat Es Campur Enak.

Tidak ada salahnya juga jika anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Tenang aja bunda nggak perlu khawatir akan kesulitan dalam mengolah resep pisang kolak serta mendapatkan bahan tersebut. Karena semua bahannya mudah untuk didapatkan dan juga cara mengolahnya begitu sederhana. Nah, oleh karena itu supaya anda tidak penasaran lagi langsung aja ya kita liat resep membuat kolak pisang ini.

Resep Kolak Pisang

Bahan:
  • Pisang Raja 5 buah, kupas lalu potong miring
  • Nangka 1 buah
  • Ubi Kuning 125 gram
  • Santan 75 ml
  • Air Putih 500 ml
  • Gula Pasir 3 sendok makan
  • Gula Merah 3 sendok makan
  • Daun Pandan 1 lembar
  • Fanilli 1/4 sendok teh
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kolak Pisang

Siapkan panci untuk merebus air bersama dengan ubi kuning, tunggu hingga ubi terasa lunak. Ketika ubi lunak kecilkan api kemudian masukkan santan, gula pasir, gula merah, garam, fanilli, serta daun pandan. Selanjutnya masukkan pisnag yang sudah dipotong, pisang dimauskkan terakhir karena teksturnya sudah lunak. Aduk-aduk sebentar dan tunggu beberapa saat. Kolak pisang siap untuk disajikan dan segera disantap.

Mudah kan bunda Resep Cara Membuat Kolak Pisang Santan Enak? anda segera bisa menyajikannya ketika berbuka puasa nanti sebagai menu hidangan pembuka. Apalagi jika ditambah dengan es batu, hmmm pasti akan terasa lebih nikmat dan segar untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Rasa manis dari gula merah serta aroma harum dari daun pandan jarang kita temui apda hidangan lainnya. Jika bunda di rumah ingin menambahkan bahan yang lain pun bisa, tidak harus sama persis seperti yang disebutkan diatas. Namun pada dasarnya bahan yang sering digunakan adalah yang disebutkan diatas. Atau jika menginginkan es  untk sang anak biar tidak sering jajan silahkan coba Resep Cara Membuat Es Krim.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Kolak Pisang Santan Enak

0 komentar:

Posting Komentar