Resep Cara Membuat Kue Onde Onde Renyah Manis

Resep Cara Membuat Kue Onde Onde Renyah Manis - Onde-onde merupakan jenis jajanan pasar yang terkenal di seluruh penjuru nusantara ini. Istilah onde-onde ini awalnya sangat terkenal di daerah Mojokerto. Seperti jenis kue pada umumnya onde-onde ini terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang digoreng atau direbus namun yang berbeda adalah permukaannya ditaburi dengan wijen sehingga tampak bervariasi. Yang khas dari onde-onde ini sendiri adalah bentuknya yang bulat seperti bola dan terdapat isi didalamnya. Oh ya ada juga lo makanan tradisonal lainnya, bentuknya juga bulat namun lebih empuk. Silahkan lihat di Resep Cara Membuat Klepon Tepung Ketan.
Resep Cara Membuat Kue Onde Onde Renyah Manis

Jika anda menginginkan dalam jumlah yang banyak, saya sarankan anda membuatnya sendiri di rumah. Karena akan lebih meminimalisir pengeluaran anda, serta anda mendapatkan hasil yang banyak. Untuk membuat onde-onde ini tidak ditemukan bahan yang sulit untuk didapatkan kok, semuanya mudah untuk dijumpai di toko-toko maupun supermarket terdekat rumah anda. Soal cara membuatnya nggak perlu kahwatir akan mengalami kesulitan, karena nanti akan dijelaskan bagaimana cara membuat onde onde. Langsung aja yuuk kita liat resepnya ala Resep Kafe.

Resep Onde-Onde

Bahan Kulit:
  • Tepung Ketan 1 kg
  • Wijen Putih 500 gram
  • Minyak Goreng secukupnya
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula Pasir 400 gram
  • Air Bersih 400 ml
Bahan Biang:
  • Air 200 ml
  • Tepung Sagu 4 sendok makan
Bahan Isi:
  • Santan Kental 120 ml
  • Daun Pandan 2 lembar
  • Vanilli Bubuk 1/2 sendok teh
  • Gula Pasir 360 gram
  • Garam 1 sendok teh
  • Kacang Hijau 400 gram, dikupas lalu direndam

Cara Membuat Onde Onde

Langkah pertama adalah kukus kacang hijau yang sudah direndam sampai teksturnya empuk. Setelah empuk masak kacang hijau bersama dengan santan, gula, agram, vanilli, serta daun pandan. Aduk terus semua bahan tersebut hingga airnya menyusut menjadi sedikit. Setelah menyusut angkat kemudian tiriskan. Setelah itu yang harus dilakukan adalah membuat biang, yaitu dengan merebus air bersama dengan tepung sagu sampai mendidih dan kental. Ketika sudah mendidih angkat kemudian tiriskan. Kemudian setelah itu masak air, gula, dan garam kemudian tuang ke atas tepung ketan lalu masukkan bahan biang dan aduk hingga tercampur rata. Langkah selanjutnya adalah ambil sedikit adonan kulit dari bahan-bahan yang sudah dicampur lalu pipihkan, kemudian ambil adonan isi secukupnya lalu letakkan ditengahnya kemudian bulatkan. Setelah itu celupkan onde-onde ke dalam air, kemudian gulingkan diatas wijen sampai rata. Lakukan sampai semua adonan habis. Jika sudah dibentuk semua kemudian goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang atau warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Onde-onde siap untuk dihidnagkan.. mudah kan bunda cara membuatnya? saya yakin bunda di rumah bisa mencobanya sendiri karena udah dikasih tau bahan apa saja yag diperlukan serta bagaimana cara mengolahnya. Pastinya udah jelas banget. Oh ya cocok dinikmati ketika amish hangat dengan secangkir kopi atau teh, apalagi kalo cuaca diluar sedang mendung atau hujan. Pass banget bunda kalo onde-onde ini menemani anda dan keluarga ketika berkumpul di depan televisi. Langsung cuuss belanja bahannya, trus ke dapur untuk mulai praktek buat onde-onde.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Kue Onde Onde Renyah Manis

0 komentar:

Posting Komentar