Resep Cara Membuat Klepon Tepung Ketan Empuk

Resep Cara Membuat Klepon Tepung Ketan Empuk - Jika anda sedang menginginkan jajanan yang manis dan nikmat pas banget kalo anda coba resep yang satu ini, ya klepon. Klepon adalah semacam kue yang bahan dasarnya tepung kemudian dalamnya diisi dengan gula merah yang menambah nikmatnya, serta luarnya ditaburi dengan parutan kelapa. Isi didalam klepon inilah yang akan menggoyangkan lidah anda semua, karena dengan sekali gigitan anda akan merasakan manisnya gula merah didalam klepon. Apalagi parutan kelapa yang menambah sedapnya. Oh ya bentuk dari klepon ini sendiri bulat seperti bola dan tersedia dalam berbagai macam varian warna sehingga akan lebih menggugah selera.

Resep Cara Membuat Klepon Tepung Ketan Empuk

Klepon ini banyak dihidangkan dengan Resep Arem Arem Nasi ketika ada acara-acara penting seperti arisan, khajatan, pesta pernikahan maupun lainnya atau bahkan ketika sedang bersantai bersama keluarga. Oh ya klepon juga bisa menjadi salah satu alternatif menu hidangan ynag anda suguhkan pada saat lebaran nanti. Karena bentuknya yang menarik serta rasanya yang nikmat akan menarik semua orang yang melihatnya.

Apalagi untuk membuat klepon ini tidak dibutuhkan bahan yang sulit untuk didapatkan serta cara membuatnya pun mudah yang akan dijelaskan dibawah ini nanti. Sehingga selain kue kering yang buda sajikan, klepon pun bisa melengkapi meja ruang tamu bunda ketika lebaran nanti. Pasti sudah penasaran kan bun sama cara membuatnya, yuukk langsung aja disimak gimana cara buat klepon ini.

Resep Klepon Tepung Ketan

Bahan:
  • Tepung Ketan 600 gram
  • Air Daun Suji 200 ml
  • Air Kapur Sirih 2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Air 2 liter
  • Gula Merah 300 gram, disisir lembut
  • Kelapa Muda 500 gram, diparut kemudian dikukus

Cara Membuat Klepon Empuk

Langkah pertama adalah siapkan panci kemudian masak ketan bersama dengan air daun suji, air kapur sirih, serta garam. Aduk hingga ketan menjadi kalis. Setelah kalis angkat kemudian tiriskan. Setelah itu ambil sekitar1 sendok makan adonan lalu isi dengan gula merah yang sudah disisir tadi kemudian bulatkan. Lakukan sampai semua adonan habis. Setelah itu rebus air dalam panci kemudian masukkan bulatan klepon tadi ke dalam air dan tunggu hingga mengapung. Ketika sudah mengapung angkat kemudian klepon dugulingkan pada parutan kelapa. Klepon siap untuk disajikan.

Klepon siap untuk dihidangkan.. simple kan bunda? bunda langsung bisa catet bahannya apa saja kemudian cuuss ke pasar dan langsung aja beli bahannya dan segera praktek di dapur. Jika pada percobaan pertama hasilnya kurang maksimal, bunda bisa mencoba membuatnya lagi hingga hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Oh ya agar tampak lebih cantik dan menggugah selera, bunda bisa memberi pewarna makanan pada saat membuat adonan, agar klepon yang bunda buat mempunyai berbagai macam varian warna, sehingga anak-anak pun tertarik untuk mencicipinya. Selamat mencoba resep klepon di rumah ya bunda, semoga saja tidak kesulitan mempraktekkan cara membuat klepon.

Simpan Resep di Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Klepon Tepung Ketan Empuk

0 komentar:

Posting Komentar